MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM MELALUI STRATEGI PERMAINAN BEBAN PIKIRAN DI KELAS VD SEKOLAH DASAR NEGERI 165 PEKANBARU

Devi Susanti, (2014) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM MELALUI STRATEGI PERMAINAN BEBAN PIKIRAN DI KELAS VD SEKOLAH DASAR NEGERI 165 PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
FM.pdf

Download (157kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (76kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (77kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (227kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (16kB) | Preview
[img]
Preview
Text
EM.pdf

Download (19kB) | Preview

Abstract

Masalah yang ditemui pada awal penelitian adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan strategi permainan beban pikiran yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas VD SDN 165 Pekanbaru. Permasalahan yang penulis kaji dalam penelitian ini yaitu bagaimana meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA melalui strategi permainan beban pikiran di kelas VD SDN 165 Pekanbaru. Prosedur penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Adapun tahapan-tahapan yang dilalui dalam PTK, yaitu: 1) Perencanaan/persiapan tindakan, 2) Pelaksanaan tindakan, 3) Observasi, dan 4) Refleksi. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas VD SDN 165 Pekanbaru pada tahun ajaran 2013/2014 dengan jumlah guru 1 orang dan jumlah siswa sebanyak 38 orang, yaitu 20 orang laki-laki dan 18 orang perempuan. Sedangkan objek penelitian ini adalah strategi permainan beban pikiran yang akan diterapkan pada mata pelajaran IPA di SDN 165 Pekanbaru. Instrumen penelitian ini berupa lembar observasi dan soal evaluasi. Lembar observasi digunakan untuk mengamati aktivitas siswa sedangkan soal evaluasi digunakan untuk mengukur hasil belajar siswa. Analisis data hasil belajar siswa sebelum tindakan, diperoleh ketuntasan individual dari 38 orang siswa yaitu 15 orang siswa tuntas dan 23 siswa tidak tuntas, dengan rata-rata ketuntasan klasikal 39,50%. Setelah dilakukan tindakan, hasil belajar siswa pada siklus I diperoleh ketuntasan individual yaitu 24 siswa tuntas dan 14 siswa tidak tuntas, dengan rata-rata ketuntasan secara klasikal 63,15%. Sedangkan pada siklus II diperoleh ketuntasan individual yaitu 86,84%. Berdasarkan analisis data tersebut, diperoleh kesimpulan bahwa terjadi peningkatan hasi belajar siswa melalui penerapan strategi permainan beban pikiran pada mata pelajaran IPA mata pelajaran IPA di kelas VD SDN 165 Pekanbaru.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 06 Jun 2016 04:33
Last Modified: 06 Jun 2016 04:33
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/5156

Actions (login required)

View Item View Item