Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

ANALISIS PERHITUNGAN HARGA POKOK PRODUKSI SOFA DENGAN VARIABLE COSTING DAN COST PLUS PRICING DALAM MENENTUKAN HARGA JUAL (STUDI KASUS: USAHA SOFA ALDO FURNITURE)

ASRUL AGUSTIAN, - (2021) ANALISIS PERHITUNGAN HARGA POKOK PRODUKSI SOFA DENGAN VARIABLE COSTING DAN COST PLUS PRICING DALAM MENENTUKAN HARGA JUAL (STUDI KASUS: USAHA SOFA ALDO FURNITURE). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB V)
BAB V ANALISA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (389kB)
[img]
Preview
Text
TUGAS AKHIR ASRUL AGUSTIAN.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ANALISIS PERHITUNGAN HARGA POKOK PRODUKSI SOFA DENGAN VARIABLE COSTING DAN COST PLUS PRICING DALAM MENENTUKAN HARGA JUAL (STUDI KASUS: USAHA SOFA ALDO FURNITURE) Asrul Agustian1 1Mahasiswa Jurusan Teknik Industri, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Email: asrulagustian@gmail.com ABSTRAK Aldo Furniture merupakan usaha yang bergerak dibidang manufaktur pembuatan sofa, service dan costume sofa sesuai keinginan, berada di Desa Tarai Bangun, Kampar. Permasalahan yang dihadapi oleh Usaha ini adalah Sejak pertama Usaha ini didirikan pemilik Usaha ini tidak pernah melakukan perhitungan biaya produksi secara terperinci dalam pembuatan sofa di Usahanya. Dengan demikian ada kemungkinan biaya lain yang tidak terhitung kedalam proses produksi oleh pemilik Usaha, sehingga penentuan harga jualnya bisa terlalu tinggi ataupun terlalu rendah. Kelalaian dari pemilik usaha seperti ini dapat berdampak bagi pendapatan usahanya, karena perhitungan harga pokok produksi dan penentuan harga jual yang diperhitungkan secara jelas akan mendapatkan harga jual yang lebih tepat agar bersaing dengan produk sejenis yang lebih dilirik pembelinya. Metode yang digunakan yaitu Metode Variable Costing untuk menghitung harga pokok produksi dan Cost Plus Pricing untuk menentukan harga jual produk. Tujuan penelitian ini yaitu menghitung biaya-biaya yang ada dalam proses produksi sofa, mendapatkan harga pokok produksi sofa dengan Variable Costing, dan mendapatkan harga jual dengan pendekatan Cost Plus Pricing di Usaha Sofa Aldo Furniture. Hasil yang didapat dalam penelitian ini yaitu mendapatkan besaran harga pokok produksi dan besaran harga jual setiap produk yang lebih tepat dan mampu bersaing dengan harga jual produk sejenis lainnya. Kata Kunci: Cost Plus Pricing, Harga Pokok Produksi, Variable Costing,

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 620 Ilmu Teknik
000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Industri
Depositing User: fsains -
Date Deposited: 22 Jul 2021 05:58
Last Modified: 22 Jul 2021 05:59
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/51524

Actions (login required)

View Item View Item