PERSEPSI SISWA TERHADAP MAHASISWA PRAKTEK LAPANGAN KONSELING PENDIDIKAN (PLKP-S) DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 20 PEKANBARU

Ani Sumarifah, (2011) PERSEPSI SISWA TERHADAP MAHASISWA PRAKTEK LAPANGAN KONSELING PENDIDIKAN (PLKP-S) DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 20 PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2011_2011776.pdf

Download (550kB) | Preview

Abstract

SMP Negeri 20 Pekanbaru adalah salah satu sekolah yang memberikan izin kepada mahasiswa yang akan melakukan program Praktek Lapangan Konseling Pendidikan di Sekolah (PLKP-S). Untuk itu penulis tertarik untuk melakukan penelitian di sekolah SMP Negeri 20 pekanbaru ini. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi siswa terhadap mahasiswa yang melaksanakan Praktek Lapangan Konseling Pendidikan di Sekolah dan factor-faktor yang mempengaruhi Persepsi Siswa Terhadap Mahasiswa Praktek Lapangan Konseling Pendidikan di Sekolah (PLKP-S). Subyek penelitian ini adalah siwa/siswi SMP Negeri 20 Pekanbaru kelas VIII yang terdiri dari 9 kelas yang berjumlah 360 siswa, mengingat populasinya terlalu banyak maka peneliti mengambil sampel sebanyak 25% yaitu 90 siswa. Dan 3 (tiga) orang mahasiswa yang telah melaksanakan program praktek lapangan konseling di SMP Negeri 20 Pekanbaru. Teknik pengumpulan data untuk mengetahui Persepsi Siswa Terhadap Mahasiswa Praktek Lapangan Konseling di Sekolah (PLKP-S) adalah angket sedangkan faktor-faktor yang mempengaruhi Persepsi Siswa Terhadap Mahasiswa. Praktek Lapangan Konseling Pendidikan di Sekolah adalah dengan menggunakan wawancara. Setelah data terkumpul, data tersebut dianalisis secara deskriftif kuantitatif dengan prosentase. Penelitian ini menemukan bahwa persepsi siswa terhadap mahasiswa praktek lapangan konseling pendidikan di sekolah (PLKP-S) dikatakan “13,8% sangat baik”, “24% baik”, “16,48% cukup baik”, “14,92% kurang baik”, “30,37 % Tidak baik”. Setelah diolah dengan menggunakan rumus, jadi dapat digolongkan bahwa persepsi siswa terhadap mahasiswa PLKP-S di SMP Negeri 20 Pekanbaru “cukup baik” yaitu 5 5,20% berada pada rentang 41% - 60%. perlu kerja keras lagi dari mahasiswa yang akan melaksanakan praktek lapangan konseling pendidikan di sekolah (PLKPS) yang akan datang untuk meningkatkan persepsi baik bagi siswanya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: eva sartika
Date Deposited: 11 Jan 2016 08:52
Last Modified: 11 Jan 2016 08:52
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/515

Actions (login required)

View Item View Item