HUBUNGAN PENYESUAIAN DIRI REMAJA DENGAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 12 PEKANBARU

Della Rezkita, (2014) HUBUNGAN PENYESUAIAN DIRI REMAJA DENGAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 12 PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
FM.pdf

Download (132kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (29kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (50kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (155kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (9kB) | Preview
[img]
Preview
Text
EM.pdf

Download (14kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini terdiri dari dua variabel, yaitu penyesuaian diri remaja (variabel bebas/independen atau variabel X) dan hasil belajar siswa (variabel dependent/terikat atau variabel Y). Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada hubungan yang signifikan antara penyesuaian diri remaja dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI di Sekolah Menengah Atas Negeri 12 Pekanbaru. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI Sekolah Menengah Atas Negeri 12 Pekanbaru, sedangkan objeknya adalah hubungan penyesuaian diri remaja dengan hasil belajar siswa. Populasinya adalah seluruh siswa kelas XI yang berjumlah (136) siswa, sedangkan sampelnya berjumlah 101 orang yang diambil secara profesional random sampling. Pengumpulan data diambil melalui observasi, angket, dan dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan teknik korelasi bivariat dan product moment, dan penulis menggunakan bantuan perangkat komputer melalui program SPSS (Statistcal Package For the Scial Sciens) versi 16.0 for windows. Berdasarkan analisis data, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara penyesuaian diri remaja dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI Sekolah Menengah Atas Negeri 12 Pekanbaru, Di mana rxy = 0,588, lebih besar dari rt (tabel) pada taraf signifikan 5% maupun 1% yaitu 0.195 <0.588> 0.254, ini berarti Ha diterima dan Ho ditolak. Di mana korelasinya tergolong sedang atau cukup di mana Rxy=0,588 terletak di antara 0.40 – 0.70 yang berarti korelasi antara penyesuaian diri remaja dengan hasil belajar siswa di SMAN 12 pekanbaru tergolong sedang atau cukup.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.238 Sekolah Menengah Atas, SMA
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 06 Jun 2016 04:02
Last Modified: 06 Jun 2016 04:02
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/5147

Actions (login required)

View Item View Item