Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

TINJAUAN FIQIH MUAMALAH TERHADAP PELAKSANAAN ZAKAT PERDAGANGAN KELAPA SAWIT DI DESA BINABARU KECAMATAN KAMPAR KIRI TENGAH KABUPATEN KAMPAR

Ahmad Siddiq, - (2021) TINJAUAN FIQIH MUAMALAH TERHADAP PELAKSANAAN ZAKAT PERDAGANGAN KELAPA SAWIT DI DESA BINABARU KECAMATAN KAMPAR KIRI TENGAH KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (678kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI AHMAD SIDDIQ.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Ahmad Siddiq, (2021): Tinjauan Fiqih Muamalah Terhadap Pelaksanaan Zakat Perdagangan Kelapa Sawit di Desa Binabaru Kecamatan Kampar Kiri Tengah Kabupaten Kampar Skripsi ini merupakan hasil penelitian mengenai pelaksanaan zakat perdagangan kelapa sawit di Desa Binabaru. Penelitian ini dilatar belakangi oleh karena di Desa Binabaru ini merupakan daerah dengan komoditi kebun kelapa sawit yang luas dan dengan pendapatan masyarakat yang relatif banyak memungkinkan untuk dikeluarkan zakatnya namun yang terjadi dalam pelaksanaan zakat perdagangan kelapa sawit yang dilakukan petani nyatanya masih berbeda dengan ketentuan yang sudah ada. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pelaksanaan zakat perdagangan kelapa sawit di Desa Binabaru Kecamatan Kampar Kiri Tengah Kabupaten Kampar, dan bagaimana Tinjauan Fiqih Muamalah terhadap pelaksanaan zakat perdagangan kelapa sawit di Desa Binabaru Kecamatan Kampar Kiri Tengah Kabupaten Kampar. Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research). Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 30 orang pemilik kebun kelapa sawit dengan menggunakan teknik purposive sampling. Sumber data primer yang terdapat pada penelitian ini berasal dari pemilik kebun kelapa sawit serta sumbersumber sekunder yang berkaitan dengan penelitian. Metode pengumpulan datanya adalah dengan melakukan observasi, wawancara, menyebar angket (kuisioner) dan dokumentasi. Teknik analisis data adalah setelah semua data telah berhasil penulis kumpulkan, maka menjelaskan secara rinci dan sistematis sehingga dapat tergambar secara utuh dan dapat di pahami secara jelas kesimpulan akhirnya. Metode penulisannya adalah deduktif, induktif dan deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dalam pelaksanaan zakat perdagangan kelapa sawit Di Desa Binabaru Kecamatan Kampar Kiri Tengah Kabupaten Kampar mereka mengeluarkan kadar zakat sebesar 2,5% sesuai dengan tuntunan MUI. Pemahaman masyarakat cukup baik namun masih belum semua pelaksanaanya sesuai dengan syariat Islam. Ditinjau dari fiqih muamalah bahwasanya pelaksanaan zakat perdagangan kelapa sawit di Desa Binabaru seharusnya masyarakat mengeluarkan zakat dengan menjumlahkan terlebih dahulu hasil panen selama setahun dengan tidak mengabaikan 23 kali panen lainnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah (Muamalah)
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 16 Jul 2021 02:29
Last Modified: 16 Jul 2021 02:29
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/51451

Actions (login required)

View Item View Item