Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH SELF CONCEPT DAN SELF EFFICACY SISWA SMP TERHADAP PEMBELAJARAN JARAK JAUH (ONLINE) PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI KABUPATEN INDRAGIRI HILIR

Nurpadhila, - (2021) PENGARUH SELF CONCEPT DAN SELF EFFICACY SISWA SMP TERHADAP PEMBELAJARAN JARAK JAUH (ONLINE) PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI KABUPATEN INDRAGIRI HILIR. Disertasi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
TESIS NURPADHILA.pdf

Download (23MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Nurpadhila, (2021): Pengaruh Self Concept dan Self Efficacy Siswa SMP Terhadap Pembelajaran Jarak Jauh Online Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di Kabupaten Indragiri Hilir Penelitian ini dilatar belakangi permasalahan dalam perubahan wajah pendidikan yang selama ini dilaksanakan secara tatap muka di sekolah namun untuk dapat menetralisir keadaan yang terjadi saat ini yakni memutus rantai dengan perubahan zaman yang semakin maju sehingga pembelajaran yang tergolong semakin canggih yaitu dilaksanakan secara jarak jauh online, akan tetapi pembelajaran tetap menekankan pada tujuan pembelajaran yaitu tercapai tujuan pembelajaran dan penguatan karakter kepribadian siswa dalam proses pembelajaran baik pada lingkungannya sendiri terutama pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Tujuan penelitian ini yaitu (1) Untuk mengetahui pengaruh self concept siswa SMP terhadap pembelajaran jarak jauh online pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Kabupaten Indragiri Hilir, (2) Untuk mengetahui pengaruh self efficacy siswa SMP terhadap pembelajaran jarak jauh online pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Kabupaten Indragiri Hilir, (3) Untuk mengetahui pengaruh self efficacy dan self efficacy siswa SMP terhadap pembelajaran jarak jauh online pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Kabupaten Indragiri Hilir. Penelitian ini adalah jenis penelitian Field research (penelitian lapangan), penelitian dapat dikategorikan pada penelitian kombinasi (Mixing). Informan dalam penelitian ini bejumlah 3 orang guru dan 60 orang siswa SMP di Kabupaten Indragiri Hilir. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, dan angket. Teknik analisa data menggunakan empat langkah, yaitu: pengumpulan informasi menggunakan interview (wawancara) kemudian menyebarkan (angket) kuesionar. Teknik analisa data diantaranya pengumpulan data, validitas tes, dan uji hipotetsis. Hasil analisis data menunjukkan bahwa (1) terdapat pengaruh self concept siswa SMP terhadap pembelajaran jarak jauh online pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Kabupaten Indragiri Hilir mencapai R square 0,83 (2) terdapat pengaruh self efficacy siswa SMP terhadap pembelajaran jarak jauh online pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Kabupaten Indragiri Hilir pada hipotesis R square 0,175, (3) terdapat sumbangan self concept dan self efficacy siswa terhadap pengaruh variabel pembelajaran jarak jauh online pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dengan nilai R Square sebesar 0,199 atau sebesar 20%. Sedangkan 80% dipengaruhi oleh variabel lain. Kata Kunci: Self Concept, Self Efficacy, pembelajaran jarak jauh online, Pendidikan Agama Islam.

Item Type: Thesis (Disertasi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Program Pascasarjana > S2 > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 16 Jul 2021 07:59
Last Modified: 16 Jul 2021 07:59
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/51433

Actions (login required)

View Item View Item