Firdania Nur Arifah, - (2021) PARTISIPASI KOMITE SEKOLAH DALAM MANAJEMEN MUTU TERPADU DI SEKOLAH MENENGAH ATAS CENDANA PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
GABUNGAN KECUALI BAB IV.pdf Download (7MB) | Preview |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
ABSTRAK Firdania Nur Arifah, (2021): Partisipasi Komite Sekolah dalam Manajemen Mutu Terpadu di Sekolah Menengah Atas Cendana Pekanbaru. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana partisipasi komite sekolah dalam manajemen mutu terpadu di Sekolah Menengah Atas (SMA) Cendana Pekanbaru. Jenis penelitian ini adalah Deskriptif kualitatif, subjek dalam penelitian ini yaitu ketua komite, sekretaris komite, bendahara komite, anggota komite non guru, anggota komite tokoh masyarakat, kepala sekolah, wakil kepala sekolah bidang kurikulum, dan tenaga pendidik. Sedangkan objek penelitian ini adalah partisipasi komite sekolah dalam manajemen mutu terpadu di SMA Cendana Pekanbaru. Data penelitian diperoleh menggunakan teknik wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan metode analisis dan transkripsi, pengkodean dan kategorisasi dan interpretasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Partisipasi yang dilakukan oleh Komite Sekolah di SMA Cendana Pekanbaru sudah dilaksanakan dengan baik dan sesuai dengan teori partisipasi, yaitu meliputi partisipasi finansial, partisipasi material, partisipasi jasa, dan partisipasi moral. Pelaksanaan manajemen mutu terpadu di SMA Cendana Pekanbaru sudah dilaksanakan sesuai dengan prinsip manajemen yaitu POAC (Planning, Organizing, Actuating, Controliing). Hal ini ditandai dengan adanya elemen-elemen pada setiap proses POAC, pada Planning (Perencanaan) di SMA Cendana Pekanbaru terdapat elemen seperti sasaran perencanaan, tindakan perencanaan, adanya sumber daya mutu, dan implementasi perencanaan. Kemudian dalam Organizing (Pengorganisasian) terdapat elemen yaitu pembagian tugas, pemberian wewenang, dan pendelegasian. Selanjutnya, pada Actuating (Pelaksanaan) terdapat elemen memberikan arahan, memberikan bimbingan, komunikasi efektif, dan aktif berpartisipasi. Dan dalam Controliing (Pengawasan) memilki elemen evaluasi, membandingkan, melakukan perbaikan, dan adanya bukti peningkatan mutu. Kata Kunci : Partisipasi Komite Sekolah, Manajemen Mutu Terpadu
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 000 Karya Umum 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | ftk - |
Date Deposited: | 15 Jul 2021 02:05 |
Last Modified: | 15 Jul 2021 02:05 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/51415 |
Actions (login required)
View Item |