Nurul Baizura, - (2021) Penerapan Strategi Modeling The Why Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Pada Tema Peristiwa Dalam Kehidupan Kelas V Madrsaha Ibtidaiyah Muhammadiyah Simpang Kubu Kabupaten Kampar Kecamatan Kampar. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
|
Text
GABUNGAN TANPA BAB IV.pdf Download (3MB) | Preview |
|
Text (BAB IV)
PEMBAHASAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (609kB) |
Abstract
ABSTRAK Nurul Baizura,(2021): Penerapan Strategi Modeling The Why Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Pada Tema Peristiwa Dalam Kehidupan Kelas V Madrsaha Ibtidaiyah Muhammadiyah Simpang Kubu Kabupaten Kampar Kecamatan Kampar Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa pada Tema Peristiwa Dalam Kehidupan melalui strategi pembelajaran Modeling The Why di kelas V MIM Simpang Kubu Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya tingkat pemahaman konsep siswa diantaranya siswa belum dapat menyatakan ulang suatu konsep, belum mampumengaplikasikan sebuah objek tertentu sesui dengan sifatnya, dan siswa belum mampu memberikan contoh dan non contoh dari konsep. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa. Penelitian ini dilaksanakan 2 siklus yang masing-masing terdiri dari dua kali pertemuan. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, teknik analisis datadeskriptif, kuantitatif, persentase dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitianmenunjukkan bahwa penerapan strategi Modeling The Why dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa pada tema peristiwa dalam kehidupan. Hal ini dapat dilihat dari tes pemahaman konsep siswa sebelum tindakan hanya mencapai 55,00% dengan kategori “kurang” dan berada pada tentang 40%-55%. Setelah dilakukan tindakan pada siklus I mencapai 70,25% dengan kategori “cukup” dan berada pada rentang 56%-75% dan meningkat pada siklus II menjadi 85,75% dengan kategori “baik” dan berapa pada rentang 75%-100%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi Modelig The Why dapat meningkatkan kemmapuan pemahaman konsep siswa pada tema peristiwa dalam kehidupan kelas V Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Simpang Kubu Kabupaten Kampar Kabupaten Kampar. Kata Kunci: Modeling The Why, Pemahaman Konsep
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 000 Karya Umum 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | ftk - |
Date Deposited: | 22 Jul 2021 04:48 |
Last Modified: | 22 Jul 2021 04:49 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/51409 |
Actions (login required)
View Item |