Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN NILAI-NILAI KARAKTER DALAM AL-QUR’AN DI KOMUNITAS SAHABAT MUDA MALANG

IRNA WATI SUCI, - (2021) PENERAPAN NILAI-NILAI KARAKTER DALAM AL-QUR’AN DI KOMUNITAS SAHABAT MUDA MALANG. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
GABUNGAN TANPA BAB IV.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi ini berjudul “Penerapan Nilai-Nilai Karakter dalam Al-Qur’an di Komunitas Sahabat Muda Malang”. Karakter merupakan hal yang penting dan tidak dapat dipisahkan dari kehidupan, karena tanpa karakter seseorang akan melakukan sesuatu apapun yang dapat menyakiti dan menyengsarakan orang lain. Hal ini dilatarbelakangi oleh karakter anak muda saat ini merupakan salah satu hal yang mengkhawatirkan karena telah banyak menyimpang dari ajaran agama. Komunitas sebagai bagian dari lingkungan memiliki peran yang sangat penting untuk membentuk karakter anak muda. Al-Qur’an dan hadits merupakan pedoman manusia dalam berbagai aspek termasuk dalam aspek pembentukan karakter. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses penerapan nilai-nilai karakter dalam al-Qur’an di Komunitas Sahabat Muda Malang, dan juga nilai-nilai karakter yang diterapkan oleh Komunitas Sahabat Muda. Jenis penelitian yang penulis lakukan ialah penelitian lapangan (field research) dengan metode kualitatif. Objek penelitian disini yaitu nilai-nilai karakter dilihat dari proses penerapannya dan nilai-nilai karakter di Sahabat Muda yang kemudian di relevansikan dengan konsep dalam al-Qur’an. Sedangkan subjek penelitian adalah pembina dan relawan Komunitas Sahabat Muda. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa ada beberapa kegiatan yang mendukung dalam penerapan nilai-nilai karakter oleh relawan Sahabat Muda meliputi shalat wajib berjamaah, shalat dhuha, shalat tahajud, sedekah, tadarus qur’an, dan olahraga. Dengan adanya pembiasaan dari kegiatan-kegiatan tersebut menghasilkan 5 nilai-nilai karakter yang terdapat dalam al-Qur’an yang tercermin pada diri relawan yaitu: ketakwaan, kedisiplinan, tanggung jawab, keberanian dan kesantunan. Kata Kunci: Penerapan, Nilai-Nilai Karakter, Komunitas Sahabat Muda.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.1 Sumber-sumber Agama Islam, Kitab Suci Agama Islam > 297.1226 Tafsir Al-Qur'an, Ilmu Tafsir
000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Ilmu Alqur'an dan Tafsir
Depositing User: fushu -
Date Deposited: 15 Jul 2021 02:07
Last Modified: 15 Jul 2021 02:07
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/51405

Actions (login required)

View Item View Item