Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Penerapan Metode Numbered Head Together untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Tema Lingkungan Sahabat Kita di Kelas V Sekolah Dasar Negeri 030 Sibuak Kecamatan Tapung Kabupaten Kampar

Lailatul Munawarah, - (2021) Penerapan Metode Numbered Head Together untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Tema Lingkungan Sahabat Kita di Kelas V Sekolah Dasar Negeri 030 Sibuak Kecamatan Tapung Kabupaten Kampar. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
GABUNGAN TANPA BAB IV.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Lailatul Munawarah, (2021): Penerapan Metode Numbered Head Together untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Tema Lingkungan Sahabat Kita di Kelas V Sekolah Dasar Negeri 030 Sibuak Kecamatan Tapung Kabupaten Kampar Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa pada tema lingkungan sahabat kita melalui penerapan metode Numbered Head Together kelas V Sekolah Dasar Negeri 030 Sibuak Kecamatan Tapung Kabupaten Kampar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah satu orang guru dan siswa kelas V SDN 030 Sibuak yang berjumlah 21 orang siswa. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah metode pembelajaran Numbered Head Together dan kemampuan berpikir kritis siswa. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus dan setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian bahwa sebelum tindakan 16 siswa berada pada kategori kurang kritis dengan persentase 76,19%, 4 siswa pada kategori cukup kritis dengan persentase 19,04%, dan hanya 1 siswa pada kategori kritis dengan persentase 4,76%. Kemudian setelah dilakukan perbaikan menggunakan metode Numbered Head Together, pada siklus I ada 14 siswa pada kategori kurang kritis dengan persentase 66,67%, 5 siswa pada kategori cukup kritis dengan persentase 23,80%, 2 siswa pada kategori kritis atau 9,52%, dan siswa pada kategori sangat kritis berada pada persentase 0%. Selanjutnya pada siklus II, 4 siswa pada kategori kurang kritis dengan persentase 19,04%, 10 siswa pada kategori cukup kritis dengan persentase 47,61%, 5 siswa pada kategori kritis atau 23,80%, dan 2 orang siswa pada kategori sangat kritis dengan persentase 9,52%. Artinya, hasil kemampuan berpikir kritis siswa telah mencapai indikator keberhasilan yang telah ditetapkan sekolah dan dapat dikatakan bahwa metode Numbered Head Together dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada tema lingkungan sahabat kita di kelas V SDN 030 Sibuak Kecamatan Tapung Kabupaten Kampar. Kata Kunci: Metode Pembelajaran Numbered Head Together, Kemampuan Berpikir Kritis, Tema Lingkungan Sahabat Kita

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 15 Jul 2021 06:26
Last Modified: 15 Jul 2021 06:26
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/51400

Actions (login required)

View Item View Item