Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP UPAH MENGUPAH BURUH TANI KEBUN SERAI WANGI BUMDES USAHA JAYA BERSAMA (Studi Kasus Di Desa Pangkalan Kapas Kecamatan Kampar Kiri Hulu Kabupaten Kampar)

Hafnayati, - (2021) TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP UPAH MENGUPAH BURUH TANI KEBUN SERAI WANGI BUMDES USAHA JAYA BERSAMA (Studi Kasus Di Desa Pangkalan Kapas Kecamatan Kampar Kiri Hulu Kabupaten Kampar). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN KECUALI BAB IV.pdf

Download (6MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Hafnayati, (2021): Tinjauan Hukum Islam Terhadap Upah Mengupah Buruh Tani Kebun Serai Wangi Bumdes Usaha Jaya Bersama (Studi Kasus di Desa Pangkalan Kapas Kecamatan Kampar Kiri Hulu Kabupaten Kampar) Penulisan skripsi ini dilatar belakangi oleh pengamatan penulis tentang pelaksanaan akad upah-mengupah di kebun serai wangi Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) Usaha Jaya Bersama. Dalam akad upah mengupah ini hanya dilakukan berdasarkan akad lisan, sehingga memberi peluang buruh tani pemanen daun serai wangi untuk tidak melaksanakan pekerjaan sesuai dengan perjanjian. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pelaksanaan upah mengupah antara buruh tani dengan pengelola kebun serai wangi di BUMDES Usaha Jaya Bersama Desa Pangkalan Kapas Kecamatan Kampar Kiri Hulu Kabupaten Kampar dan bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap pelaksanaan upah mengupah anta buruh tani dengan pengelola kebun serai wangi di BUMDES Usaha Jaya Bersama Desa Pangkalan Kapas Kecamatan Kampar Kiri Hulu Kabupaten Kampar. Jenis penelitian yang digunakan ialah penelitian lapangan yaitu mengumpulkan data dari lokasi atau lapangan. Populasi dari penelitian adalah 32 orang, karena jumlah populasi yang sedikit yaitu 32 orang, maka semua populasi dijadikan sampel dengan teknik total sampling. Teknik pengumpulan data yaitu dengan observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Adapun data dari penelitian ini terdiri dari data primer dan data sekunder yang kemudian dianalisis dengan metode deskriptif kualitatif yakni setelah semua data telah berhasil peneliti kumpulkan, maka peneliti menjelaskan secara rinci dan sistematis sehingga dapat tergambar secara utuh dan dapat dipahami secara jelas kesimpulan akhirnya Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa pelaksanaan upah mengupah antara buruh tani dengan pengelola kebun serai wangi di BUMDES Usaha Jaya Bersama Desa Pangkalan Kapas Kecamatan Kampar Kiri Hulu Kabupaten Kampar menggunakan akad perjanjian secara lisan (saling percaya). Akibatnya hak dan kewajiban kedua belah pihak terkadang tidak terpenuhi dengan baik, dikarenakan adanya pemanen daun serai wangi yang menyimpang dari perjanjian yang disepakati. Kemudian pelaksanaan upah mengupah antara buruh tani dengan pengelola kebun serai wangi di BUMDES Usaha Jaya Bersama berdasarkan hukum Islam telah terpenuhi rukun dan syaratnya dengan baik. Namun dalam pelaksanaanya perlu disempurnakan lagi, karna masih terdapat penyimpangan yang dilakukan buruh tani. Penyimpangan tersebut seperti meninggalkan daun serai wangi yang seharusnya dipanen, kemudian tidak datang tepat waktu dalam bekerja.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.2 Teologi Islam, Aqaid dan Ilmu Kalam > 297.273 Islam dan Ilmu Ekonomi
000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah (Muamalah)
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 15 Jul 2021 02:11
Last Modified: 15 Jul 2021 02:11
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/51397

Actions (login required)

View Item View Item