Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PERBEDAAN HARGA PEMBELIAN GAMBIR ANTARA PETANI YANG BERHUTANG DAN TIDAK BERHUTANG (Studi Kasus Di Desa Kampung Baru Kecamatan Pangkalan Koto Baru Kabupaten Lima Puluh Kota Ditinjau Menurut Hukum Islam)

Hanifa Rumaiza, - (2021) PERBEDAAN HARGA PEMBELIAN GAMBIR ANTARA PETANI YANG BERHUTANG DAN TIDAK BERHUTANG (Studi Kasus Di Desa Kampung Baru Kecamatan Pangkalan Koto Baru Kabupaten Lima Puluh Kota Ditinjau Menurut Hukum Islam). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN KECUALI BAB IV.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Hanifa Rumaiza, (2021): Perbedaan Harga Pembelian Gambir Antara Petani Yang Berhutang Dan Tidak Berhutang (Studi Kasus Di Desa Kampung Baru Kecamatan Pangkalan Koto Baru Kabupaten Lima Puluh Kota Ditinjau Menurut Hukum Islam) Penelitian ini berjudul Perbedaan Harga Pembelian Gambir Antara Petani Yang Berhutang dan Tidak Berhutang (Studi Kasus Di Desa Kampung Baru Kecamatan Pangkalan Koto Baru Kabupaten Lima Puluh Kota Ditinjau Menurut Hukum Islam). Adapun permasalahan dalam penelitian ini yaitu bagaimana pelaksanaan harga pembelian gambir antara petani yang berhutang dan tidak berhutang Di Desa Kampung Baru Kecamatan Pangkalan Koto Baru Kabupaten Lima Puluh Kota dan bagaimana tinjauan Hukum Islam terhadap harga pembelian gambir antara petani yang berhutang dan tidak berhutang Di Desa Kampung Baru Kecamatan Pangkalan Koto Baru Kabupaten Lima Puluh Kota. Untuk meneliti masalah ini penulis mengambil data Di Desa Kampung Baru Kecamatan Pangkalan Koto Baru Kabupaten Lima Puluh Kota. Tujuan dari penelitian ini adalah ingin mengetahui apakah masyarakat Desa Kampung Baru sudah menggunakan konsep Hukum Islam yang sebenarnya. Populasi dalam penelitian ini adalah petani gambir yang berjumlah 153 orang sebagai petani gambir dan 5 orang sebagai tengkulak, oleh karena jumlah populasi relative banyak maka penulis menetapkan sampel sebanyak 30 orang dengan teknik secara Random sampling pada petani dan Purposive Sampling pada tengkulak. Adapun sumber data yang dipakai yaitu data primer dan data sekunder dan analisis datanya yaitu deskriptif kualitatif. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan ialah observasi, wawancara, angket dan dokumentasi, metodelogi penelitian ini adalah metodelogi kualitatif. Setelah penulis menganalisis dari hasil observasi, wawancara, angket dan dokumentasi dapat diketahui bahwa pelaksanaan transaksi jual beli Gambir antara petani yang berhutang dan tidak berhutang masih juga terdapat jual beli yang tidak sesuai dengan konsep Islam yang sebenarnya. Karena masih banyak terdapat para tengkulak yang melakukan tekanan dan paksaan kepada petani. Jadi dalam Islam hal ini sangat dilarang dan diharamkan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.2 Teologi Islam, Aqaid dan Ilmu Kalam > 297.273 Islam dan Ilmu Ekonomi
000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah (Muamalah)
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 15 Jul 2021 05:56
Last Modified: 15 Jul 2021 05:56
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/51396

Actions (login required)

View Item View Item