Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

FENOMENA WABAH PENYAKIT MENULAR DALAM PANDANGAN AL-QUR’AN (Kajian Tematik Kontekstual)

NUR SYEERA SYAZANIE BINTI MAZNI, - (2021) FENOMENA WABAH PENYAKIT MENULAR DALAM PANDANGAN AL-QUR’AN (Kajian Tematik Kontekstual). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI LENGKAP KECUALI BAB IV PENYAJIAN DAN ANALISA DATA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB IV PENYAJIAN DAN ANALISA DATA)
BAB IV PENYAJIAN DAN ANALISA DATA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (624kB)

Abstract

Skripsi ini berjudul Fenomena Wabah Penyakit Menular Dalam Al-Qur’an (Kajian Tafsir Kontekstual). Fenomena yang terjadi sekarang ini, wabah penyakit menular dan melanda hampir seluruh penduduk di muka bumi. Penulis tertarik untuk meneliti lebih dalam mengenai makna wabah penyakit menular dengan rumusan masalahnya yaitu: bagaimana penafsiran ayat wabah penyakit menular menurut para mufassir?, bagaimana hikmah dan pelajaran yang dapat diambil dari menghadapi wabah ini?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penafsiran ayat wabah penyakit menular menurut para mufassir serta untuk mengetahui hikmah dan pelajaran yang dapat diambil dari menghadapi wabah ini. Penelitian ini bersifat kepustakaan (Library Research), kemudian menganalisa secara deskripsi berdasarkan penafsiran mufassir dari ayat-ayat yang berkaitan wabah penyakit menggunakan metode analisa deksriptik analitik. Sumber primer diperoleh dari tafsir kalangan ulama tafsir klasik dan kontemporer yaitu karya kitab Tafsir Ath-Thabari karya Abu Ja’far Muhammad bin Jarir At-Thabary, Tafsir Al-Azhar karya Abdul Malik Karim Amrullah (Buya Hamka), Tafsir AlMisbah karya Quraish Shihab dan Tafsir al-Munir karya Wahbah az-Zuhaili dan data sekundernya meliputi buku-buku dan jurnal ilmiah yang berkaitan dengan penelitian ini. Untuk mewujudkan hal ini, maka langkah-langkah yang penulis lakukan mengikuti prosedur yang telah digariskan berkenaan dengan metode tafsir kontekstual. Adapun hasil penelitian adalah menyikapi fenomena terjadinya wabah, al-Qur’an hadir memberikan penjelasan ayat dengan penafsiran mufassir. Selanjutnya penulis menguraikan hikmah dan pelajaran yang dapat dikaitkan dengan menghadapi wabah. Fenomena ini bukan saja terjadi pada zaman modern saat ini, tetapi pernah juga terjadi dimasa dahulu. Wabah penyakit menular yang melanda umat manusia sekarang dan masa lalu berbeda jenis wabah dan penyakitnya, namum proses penyebaran dan akibat dari penularan tersebut memiliki kesamaan misalnya, penyebarannya sangat cepat dan penderitanya bisa menyebabkan kematian. Kata Kunci: Fenomena, Wabah, al-Qur’an.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.2 Teologi Islam, Aqaid dan Ilmu Kalam > 297.273 Islam dan Ilmu Ekonomi
000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Ilmu Alqur'an dan Tafsir
Depositing User: fushu -
Date Deposited: 15 Jul 2021 05:58
Last Modified: 15 Jul 2021 06:15
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/51395

Actions (login required)

View Item View Item