MAYA SUMINA, - (2021) EFEKTIFITAS TEKNIK KURSI KOSONG DALAM KONSELING KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL SISWA DI SEKOLAH MENENGAHPERTAMANEGERI 16 PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
GABUNGAN SKRIPSI KECUALI BAB IV.pdf Download (6MB) | Preview |
|
Text (BAB IV)
BAB IV PEMBAHASAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
ABSTRAK Maya Sumina (2021) : Efektivitas Teknik Kursi Kosong dalam Konseling Kelompok untuk Meningkatkan Komunikasi Interpersonal Siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri 16 Pekanbaru Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya siswa yang kurang berkomunikasi sehingga dapat menghambat perkembangan komunikasi siswa di sekolah menengah pertama negeri 16 pekanbaru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) bagaimana komunikasi siswa sebelum diberikan layanan konseling kelompok menggunakan teknik kursi kosong, (2) bagaimana komunikasi siswa sesudah diberikan layanan konseling kelompok menggunakan teknik kursi kosong, (3) seberapa efektifkah teknik kursi kosong dalam layanan konseling kelompok terhadap komunikasi interpersonal siswa di sekolah menengah pertama negeri 16 pekanbaru. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII3 sekolah menengah pertama negeri 16 pekanbaru berjumbelah 33 siswa. Sampel diambil sebanyak 10 orang menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, angket, dekomentasi dan guru BK. Uji validitas dan reliabilitas data menggunakan SPSS versi 17. Data awal dan data akhir dianalisis dengan menggunakan T-tes. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa perhitungan rata-rata sekor komunikasi interpersonal sebelum mean pre-test mengikuti layanan konseling kelompok dengan teknik kursi kosong adalah 94.70 dan setelah mean post-test mengikuti layanan konseling kelompok dengan teknik kursi kosong 102.20. dari hasil uji Ttest menggunakan program SPSS versi 17, bahwa t adalah -2.875, mean -7.500% confidence interval of the difference, lower = -13.40139 dan upper = -1.59861, kemudian thitung dibandingkan dengan ttabel df =9 dengan ketentuan thitung >ttabel (-2.875> 2.39), dimana tterhitung > ttabel dengan taraf signifikan 5% maka Ho ditolak dan Ha diterima, sehingga dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa teknik kursi kosong dalam konseling kelompok efektif untuk meningkatkan komunikasi interpersonal siswa. Kata Kunci: Efektifitas, Teknik Kursi Kosong, Konseling Kelompok, Komunikasi Interpersonal
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 000 Karya Umum |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | ftk - |
Date Deposited: | 16 Jul 2021 01:42 |
Last Modified: | 16 Jul 2021 01:42 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/51392 |
Actions (login required)
View Item |