Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

MAKNA MATÂ’ AL GHURÛR MENURUT MUFFASIR DAN RELEVANSINYA DENGAN KEHIDUPAN MODERN SKRIPSI

RAHMAT FAJRI, - (2021) MAKNA MATÂ’ AL GHURÛR MENURUT MUFFASIR DAN RELEVANSINYA DENGAN KEHIDUPAN MODERN SKRIPSI. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
KECUALI BAB IV.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai makna matâ’ al ghurûr menurut muffasir dan relevansinya dengan kehidupan modern. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui makna matâ’ al ghurûr menurut muffasir dan untuk mengetahui relevansi matâ’ al ghurûr dengan kehidupan modern. Penulis mengangkat masalah ini karena sedikitnya ilmu pengetahua umat Islam tentang makna matâ’ al ghurûr dan membuatnya tergila-gila akan kehidupan dunia dan melupakan kehidupan akhirat, terlebih lagi dalam kehidupan modern ini. Penelitian ini terdapat dua rumusan masalah yaitu pertama, makna matâ’ al ghurûr menurut muffasir. Kedua, relevansi matâ’ al ghurûr dengan kehidupan modern. Skripsi ini merupakan penelitian kepustakaan (library research) dan metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode tematik (maudhu’i). Data-data yang terkait dalam penelitian ini disajikan dengan teknik analisis, yaitu dengan menjelaskan ayat dan surah yang berhubungan dengan merujuk pada al Qur’an sebagai data primer dan buku-buku literatur yang berkaitan sebagai data sekunder. Matâ’ al ghurûr adalah segala sesuatu yang menyenangkan yang ada di dunia, yang membuat manusia tertipu akan dunia dan membuat manusia yang lalai dari kehidupan akhirat. Penafsiran Ibnu Katsir, al Qurthubi, as Sa’di dan Hamka tentang ayat matâ’ al ghurûr tidak terdapat kontradiktif, mereka sepakat bahwa kehidupan di dunia ini hanyalah kesenangan yang menipu, yang menipu siapa saja yang cendrung kepadanya. Sesungguhnya manusia yang tertipu oleh kehidupan dunia dan dibuatnya terkagum-kagum, sehingga ia meyakini bahwasanya tidak ada kehidupan setelah kehidupan di dunia, padahal sesungguhnya dunia ini sangtalah hina dan sangat kecil dibandingkan dengan kehidupan akhirat Skripsi ini juga mengkaji tentang relevansi matâ’ al ghurûr dengan kehidupan modern. Salah satu faktor yang menyebabkan manusia tertipu oleh kehidupan dunia atau matâ’ al ghurûr di zaman sekarang adalah modernisasi. Apabila manusia tidak dapat memanfaatkan modernisasi dengan baik, maka ia akan dibuat lalai dari beribadah kepada Allah dan disibukkan oleh urusan dunia.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.1 Sumber-sumber Agama Islam, Kitab Suci Agama Islam > 297.1226 Tafsir Al-Qur'an, Ilmu Tafsir
000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Ilmu Alqur'an dan Tafsir
Depositing User: fushu -
Date Deposited: 15 Jul 2021 08:05
Last Modified: 15 Jul 2021 08:06
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/51373

Actions (login required)

View Item View Item