Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Penerapan Model Pembelajaran Everyone Is A Teacher Here untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa pada Tema 8 Daerah Tempat Tinggalku Subtema Lingkungan Tempat Tinggalku Kelas IV Sekolah Dasar Islam Terpadu Sakinah Pandau Jaya.

Wardatul Ummi, - (2021) Penerapan Model Pembelajaran Everyone Is A Teacher Here untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa pada Tema 8 Daerah Tempat Tinggalku Subtema Lingkungan Tempat Tinggalku Kelas IV Sekolah Dasar Islam Terpadu Sakinah Pandau Jaya. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERIS SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN TANPA BAB IV.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (718kB)

Abstract

ABSTRAK Wardatul Ummi, (2021): Penerapan Model Pembelajaran Everyone Is A Teacher Here untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa pada Tema 8 Daerah Tempat Tinggalku Subtema Lingkungan Tempat Tinggalku Kelas IV Sekolah Dasar Islam Terpadu Sakinah Pandau Jaya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan berbicara siswa pada tema 8 daerah tempat tinggalku subtema lingkungan tempat tinggalku melalui penerapan model pembelajaran everyone is a teacher here kelas IV Sekolah Dasar Islam Terpadu Sakinah Pandau Jaya. Penelitian ini dilatarbelakangi dengan kurangnya keterampilan berbicara siswa dikarenakan masih banyak siswa yang kurang ketepatan pelafalannya saat berbicara di depan kelas, kurangnya ketepatan intonasi siswa saat berbicara di depan kelas, kurangnya ketepatan kalimat yang digunakan siswa saat berbicara di depan kelas, dan kurangnya kelancaran siswa saat berbicara di depan kelas. Penelitian ini merupakanpenelitian tindakan kelas. Adapun yang menjadi subjek dalam penelitian ini yaitu 1 orang guru dan 16 orang siswa kelas IV Sekolah Dasar Islam Terpadu Sakinah Pandau Jaya. Sedangkan objeknya adalah penerapan model pembelajaran everyone is a teacher here untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi, tes dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis deskriptif dengan persentase. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran everyone is a teacher here dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa. Hal ini dapat diketahui dari sebelum tindakan hanya mencapai 53,25% atau berada pada kategori kurang terampil. Setelah dilakukan tindakan kelas pada siklus I pertemuan pertama, keterampilan berbicara siswa meningkat menjadi 63,75%, dan pada pertemuan kedua meningkat lagi menjadi 71,75%. Kemudian pada siklus II pertemuan ketiga keterampilan berbicara siswa juga meningkat menjadi 76,25% dan pada pertemuan keempat meningkat mencapai 78,25% atau berada pada kategori terampil. Dengan demikian dapat diambil kesimpulan bahwa dengan penerapan model everyone is a teacher here dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa pada tema 8 daerah tempat tinggalku subtema lingkungan tempat tinggalku kelas IV Sekolah Dasar Islam Terpadu Sakinah Pandau Jaya. Kata Kunci : Model Everyone Is A Teacher Here, Keterampilan Berbicara

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 15 Jul 2021 13:14
Last Modified: 15 Jul 2021 13:14
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/51360

Actions (login required)

View Item View Item