Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Penerapan Model Pembelajaran Inside Outside Circle untuk Meningkatkan Kerjasama Siswa pada Tema Peristiwa dalam Kehidupan Dikelas V Sekolah Dasar Negeri 008 Bandur Picak Kecamatan Koto Kampar Hulu Kabupaten Kampar

Harsela Dwi Asih, - (2021) Penerapan Model Pembelajaran Inside Outside Circle untuk Meningkatkan Kerjasama Siswa pada Tema Peristiwa dalam Kehidupan Dikelas V Sekolah Dasar Negeri 008 Bandur Picak Kecamatan Koto Kampar Hulu Kabupaten Kampar. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (862kB)
[img]
Preview
Text
GABUNGAN TANPA BAB IV.pdf

Download (24MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Harsela Dwi Asih, ( 2021 ) : Penerapan Model Pembelajaran Inside Outside Circle untuk Meningkatkan Kerjasama Siswa pada Tema Peristiwa dalam Kehidupan Dikelas V Sekolah Dasar Negeri 008 Bandur Picak Kecamatan Koto Kampar Hulu Kabupaten Kampar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kerjasama siswa pada tema peristiwa dalam kehidupan melalui penerapan model pembelajaran inside outside circle kelas V Sekolah Dasar Negeri 008 Bandur Picak Kecamatan Koto Kampar Hulu Kabupaten Kampar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya kemampuan kerjasama siswa dikarenakan masih banyak siswa yang kurang melakukan kerjasama. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah 1 orang guru dan 18 orang siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 008 Bandur Picak Kecamatan Koto Kampar Hulu Kabupaten Kampar. Sedangkan objeknya adalah penerapan model pembelajaran Inside Outside Circle dan kerjasama siswa. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan analisis deskriptif kualitatif dengan presentase. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Inside Outside Circle dapat meningkatkan kerjasama siswa. Hal ini dapat diketahui dari sebelum tindakan kerjasama hanya mencapai 45% yang berada pada rentang 30-49% dengan kategori kurang. Setelah dilakukan tindakan kelas pada siklus I, kerjasama siswa meningkat menjadi 70,62 % dengan kategori baik. Sedangkan pada siklus II terjadi peningkatan menjadi 90% yang berada pada rentang 90-100% dengan kategori baik. Demikian dapat diambil kesimpulan bahwa penerapan model pembelajaran Inside Outside Circle dapat meningkatkan kerjasama siswa pada tema peristiwa dalam kehidupan dikelas V Sekolah Dasar Negeri 008 Bandur Picak Kecamatan Koto Kampar Hulu Kabupaten Kampar. Kata Kunci : Penerapan, model pembeajaran inside outside circle , Kerjasama Siswa

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 22 Jul 2021 03:09
Last Modified: 22 Jul 2021 03:09
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/51349

Actions (login required)

View Item View Item