Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

TABIAT MANUSIA DAN TERAPINYA DALAM AL-QUR'AN (Kajian Tematik Surah Al-Ma'aarij Ayat 19-34)

Robi'ah 'Afifah, - (2021) TABIAT MANUSIA DAN TERAPINYA DALAM AL-QUR'AN (Kajian Tematik Surah Al-Ma'aarij Ayat 19-34). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN TANPA BAB IV.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini membahas mengenai tabiat-tabiat manusia dan terapinya dalam Al-Qur’an pada surah Al-Ma’aarij. Tabiat adalah perilaku manusia yang secara alami sudah ada di dalam diri manusia, seperti malaikat yang memiliki sifat seperti dicetak maka sifat malaikat itu tidak bisa berubah melainkan selalu taat dan patuh kepada Allah. Di antaranya tabiat manusia adalah berkeluh kesah apabila ditimpa kesusahan, dan kikir apabila diberikan kelebihan. Manusia yang terus-menerus bertabiat buruk akan berdampak kepada kehidupannya baik itu dalam segi sosial maupun hubungannya dengan Allah, manusia dengan tabiat buruk akan jauh dari Allah dan manusia yang jauh dari Allah tidak akan tenang lahir dan batinnya, oleh karena itu tabiat manusia ini harus diobati atau diterapi agar bersih jiwanya dan baik hubungannya dengan Allah. Manusia yang baik hubungannya dengan Allah maka akan baik pula kehidupannya. Penelitian ini bersifat penelitian kepustakaan (library research) dan metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi tematik (maudhu’i). Data-data yang terkait dengan studi ini dikumpulkan melalui studi pustaka dengan pendekatan analisis data deskriptif kualitatif. Penelitian ini disajikan dengan teknis analisis, yaitu dengan menjelaskan ayat perayat yang berhubungan, dengan merujuk pada al-Qur’an sebagai data primer dan buku-buku literatur yang berkaitan sebagai data sekunder. Dalam surah Al-Ma’aarij ini disebutkan tabiat buruk manusia yaitu berkeluh kesah apabila ditimpa kesusahan, dan kikir apabila diberi kelebihan, kemudian Allah mengecualikan orang-orang dari tabiat buruk, yakni orang-orang yang mengerjakan 10 perkara yaitu mengerjakan shalat, terus menerus mengerjakan shalat, membayar zakat dan kewajiban harta lainnya, membenarkan hari pembalasan, takut kepada adzab Allah, menjaga diri dan menjauhi perbuatan keji, menjalankan amanah, memenuhi janji, memberikan kesaksian yang benar, dan menjaga kesempurnaan shalat. Maka 10 perkara dalam surah Al-Ma’aarij ini dapat dijadikan terapi dalam menghilangkan tabiat-tabiat buruk manusia yang merugikan kehidupan manusia itu sendiri.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.1 Sumber-sumber Agama Islam, Kitab Suci Agama Islam > 297.1226 Tafsir Al-Qur'an, Ilmu Tafsir
000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Ilmu Alqur'an dan Tafsir
Depositing User: fushu -
Date Deposited: 15 Jul 2021 01:41
Last Modified: 24 Jan 2024 07:23
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/51347

Actions (login required)

View Item View Item