KORELASI ANTARA QOWAID NAHWU DAN KEMAHIRAN MEMBACA SISWA KELAS DUA DI MADRASAH ALIYAH DINIYYAH PUTRI PEKANBARU

Lisa Purnamasari, (2014) KORELASI ANTARA QOWAID NAHWU DAN KEMAHIRAN MEMBACA SISWA KELAS DUA DI MADRASAH ALIYAH DINIYYAH PUTRI PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
FM.pdf

Download (210kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (135kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (190kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (83kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (195kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text
EM.pdf

Download (83kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian korelasional. Ada dua variabel yang digunakan dalam penelitian ini. Yang pertama adalah variabel X (penguasaan qowaid nahwu) dan yang kedua adalah variabel Y (keterampilan membaca siswa). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas dua MA Diniyyah Putri Pekanbaru. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah penguasaan qowaid nahwu dan keterampilan membaca. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes. Untuk penguasaan qowaid nahwu, penulis menggunakan tes tertulis dalam bentuk pilihan ganda. Dalam tes pilihan ganda, penulis menyediakan siswa kalimat tidak lengkap yang diikuti dengan empat pilihan ganda untuk melengkapi kalimat tersebut. Kemudian, untuk keterampilan membaca, penulis menggunakan tes membaca yaitu dengan menyediakan dua judul tertentu dan siswa diminta satu persatu untuk membaca dua judul yang telah disediakan. Populasi penelitian berjumlah 35 orang siswa. Kemudian, dalam pengambilan sampel, penulis menggunakan teknik total sampling. Dengan menggunakan rumus product moment melalui SPSS 17.00 untuk menganalisis data, penulis menemukan bahwa r null adalah 0,567 dan r tabel adalah 0,3338 pada tingkat 1% dan 0,4296 pada tingkat 5%. Dengan kata lain, r null lebih besar daripada r tabel baik pada tingkat 5% atau 1%. (H0 ditolak dan Ha diterima). Ini berarti bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara penguasaan qowaid nahwu dan keterampilan membaca siswa. Selanjutnya, penulis menemukan bahwa besarnya pengaruh penguasaan qowaid nahwu dalam kemahiran membaca adalah 32,14%. Dapat disimpulkan bahwa, keterampilan membaca siswa kelas dua MA Diniyyah Putri Pekanbaru ditentukan oleh penguasaan qowaid nahwu mereka. Besar pengaruhnya adalah 32,14%. Kemudian, 65.86% lainnya adalah pengaruh dari faktor faktor yang lain

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 06 Jun 2016 03:13
Last Modified: 06 Jun 2016 03:13
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/5134

Actions (login required)

View Item View Item