Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PERAN PEMERINTAH KELURAHAN DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN UMKM PADA MASA PANDEMI COVID-19 DITINJAU MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Kasus Kelurahan Tembilahan Kota Kecamatan Tembilahan Kabupaten Indragiri Hilir)

Erma Liana, - (2021) PERAN PEMERINTAH KELURAHAN DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN UMKM PADA MASA PANDEMI COVID-19 DITINJAU MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Kasus Kelurahan Tembilahan Kota Kecamatan Tembilahan Kabupaten Indragiri Hilir). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN KECUALI BAB IV.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Erma Liana, (2021) : Peran Pemerintah Kelurahan Dalam Meningkatkan Pendapatan UMKM Pada Masa Pandemi Covid-19 Ditinjau Menurut Perspektif Ekonomi Islam (Studi Kasus Kelurahan Tembilahan Kota Kecamatan Tembilahan Kabupaten Indragiri Hilir) Penelitian ini dilatarbelakangi oleh Usaha Mikro, Kecil dan Menengah atau sering disebut sebagai UMKM yang menjadi salah satu kontributor pertumbuhan ekonomi suatu negara dan memicu inovasi untuk sebuah negara. UMKM merupakan suatu kegiatan yang mampu memperluas lapangan pekerjaan dan mampu memberikan pelayanan ekonomi secara luas kepada masyarakat dalam proses pemerataan dan peningkatan pendapatan masyarakat. Akan tetapi, pada masa pandemi Covid-19 ini UMKM Kelurahan Tembilahan Kota Kecamatan Tembilahan Kabupaten Indragiri Hilir mengalami permasalahan yaitu terjadinya penurunan jumlah permintaan sehingga mempengaruhi jumlah pendapatan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana pendapatan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Kelurahan Tembilahan Kota Kecamatan Tembilahan Kabupaten Indragiri Hilir sebelum dan sesudah Covid-19, Bagaimana peran Pemerintah Kelurahan Tembilahan Kota Kecamatan Tembilahan Kabupaten Indragiri Hilir dan analisis SWOT dalam meningkatkan pendapatan UMKM pada masa pandemi Covid-19 dan Bagaimana Tinjauan Ekonomi Islam terhadap peran yang dilakukan Pemerintah Kelurahan dalam meningkatkan pendapatan UMKM pada masa pandemi Covid-19. Penelitian ini adalah penelitian lapangan, dilakukan di Kelurahan Tembilahan Kota Kecamatan Tembilahan Kabupaten Indragiri Hilir. Populasi dalam penelitian ini yaitu Lurah dan jajarannya yang berjumlah 16 orang serta pelaku UMKM yang terdampak Covid-19 yang berjumlah 782 orang. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan dua metode yaitu untuk Lurah dan jajarannya menggunakan metode Purposive Sampling yang berjumlah 3 orang, sedangkan untuk pelaku UMKM menggunakan teknik Random Sampling yang berjumlah 89 orang, perhitungan menggunakan rumus Slovin. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara, kuisioner (angket) dan studi pustaka. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis Deskriptif dengan pendekatan Kualitatif, dan teknik penulisan dengan menggunakan teknik Induktif dan Deskiriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pendapatan UMKM Kelurahan Tembilahan Kota pada masa pandemi Covid-19 mengalami jumlah penurunan pendapatan yang berpengaruh terhadap jumlah keuntungan. Sedangkan Peran Pemerintah Kelurahan dalam meningkatkan pendapatan UMKM pada masa pandemi Covid-19 ini yaitu sebagai fasilitator dan katalisator. Sebagai fasilitator dengan membantu mencari jalan keluar agar UMKM mendapatkan pendanaan yang dibutuhkan dan sebagai katalisator yang mempercepat terjadinya pertumbuhan atau perkembangan UMKM.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.2 Teologi Islam, Aqaid dan Ilmu Kalam > 297.273 Islam dan Ilmu Ekonomi
000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 13 Jul 2021 04:10
Last Modified: 13 Jul 2021 04:11
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/51325

Actions (login required)

View Item View Item