Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDAYA SEKOLAH TERHADAP AKHLAK SISWA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI SE-KECAMATAN RENGAT BARAT KABUPATEN INDRAGIRI HULU

Fitriani (2020) PENGARUH KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDAYA SEKOLAH TERHADAP AKHLAK SISWA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI SE-KECAMATAN RENGAT BARAT KABUPATEN INDRAGIRI HULU. Thesis thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
TESIS FULL kecuali BAB IV_Fitriani.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text
BAB IV_FITRIANI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (598kB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan Sekolah Menengah Pertama Negeri Se-Kecamatan Rengat Barat Kabupaten Indragiri Hulu. Pada studi pendahuluan berdasarkan latar belakang masalah ditemukan masalah bahwa sebagian siswa belum berdoa sebelum pelajaran, sebagian siswa belum memberi salam ketika bertemu dengan guru, sebagian siswa membuang sampah tidak pada tempatnya, sebagian siswa belum menghargai pendapat sesama temannya. Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan pengaruh yang signifikan antara kompetensi kepribadian guru Pendidikan Agama Islam terhadap akhlak siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri Se-Kecamatan Rengat Barat Kabupaten Indragiri Hulu; Untuk mendeskripsikan pengaruh yang signifikan antara budaya sekolah terhadap akhlak siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri Se-Kecamatan Rengat Barat Kabupaten Indragiri Hulu; Untuk mendeskripsikan pengaruh yang signifikan antara kompetensi kepribadian guru Pendidikan Agama Islam dan budaya sekolah terhadap akhlak siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri Se-Kecamatan Rengat Barat Kabupaten Indragiri Hulu. Jenis penelitian ini merupakan penelitian korelasional. Populasinya adalah seluruh siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri Se-Kecamatan Rengat Barat Kabupaten Indragiri Hulu Ajaran 2018/2019 yang berjumlah 1.430 orang dan guru Pendidikan Agama Islam yang berjumlah sebanyak 15 orang guru. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan teknik accidental sampling, dengan jumlah sampel 93 orang siswa dan 15 orang guru. Teknik pengumpulan data yaitu kuisioner dan wawancara. Teknik analisa datanya yaitu menggunakan analisis regresi linear, analisis regresi linear berganda, uji t dan uji F. Hasil penelitian dapat diambil kesimpulan bahwa berdasarkan hasil uji Parsial thitung X1 > ttabel sehingga Ho ditolak dan Ha diterima, yang berarti variabel independen (X1 )kompetensi kepribadian guru Pendidikan Agama Islam secara parsial berpengaruh signifikan terhadap variabel akhlak siswa (Y ); Berdasarkan hasil uji Parsial nilai thitung X2 > ttabel sehingga Ho ditolak dan Ha diterima, yang berarti variabel independen (X2 )budaya sekolah secara parsial berpengaruh signifikan terhadap variabel akhlak siswa (Y ); Berdasarkan hasil uji Simultan diperoleh Fhitung > Ftabel sehingga Ho ditolak dan Ha diterima, berarti variabel independen (X1 )kompetensi kepribadian guru Pendidikan Agama dan budaya sekolah (X2 ), secara simultan berpengaruh signifikan terhadap variabel akhlak siswa (Y )

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Program Pascasarjana > S2 > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms. Melda Fitriana
Date Deposited: 16 Jul 2021 04:49
Last Modified: 16 Jul 2021 07:38
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/51286

Actions (login required)

View Item View Item