Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

TINJAUAN YURIDIS SKEMA BAGI HASIL GROSS SPLIT TERHADAP DAYA INVESTASI SAHAM KONTRAKTOR PADA INDUSTRI MINYAK DAN GAS BUMI

NANANG TIO ANDIKA, - (2021) TINJAUAN YURIDIS SKEMA BAGI HASIL GROSS SPLIT TERHADAP DAYA INVESTASI SAHAM KONTRAKTOR PADA INDUSTRI MINYAK DAN GAS BUMI. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN KECUALI BAB IV.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK NANANG TIO ANDIKA (11427103827, 2021), TINJAUAN YURIDIS SKEMA BAGI HASIL GROSS SPLIT TERHADAP DAYA INVESTASI SAHAM KONTRAKTOR PADA INDUSTRI MINYAK DAN GAS BUMI Skripsi ini membahas tentang aturan skema bagi hasil pada industri minyak dan gas bumi di Indonesia dan mencoba menganalisa terkait bentuk aturan skema bagi hasil gross split yang diatur oleh Peraturan Menteri Energi Sumber Daya dan Mineral Nomor 12 Tahun 2020 tentang perubahan ketiga atas Peraturan Menteri Energi Sumber Daya dan Mineral Nomor 8 Tahun 2017 tentang kontrak bagi hasil gross split, terhadap daya investasi saham kontraktor minyak dan gas bumi. Jenis penelitian ini adalah penilitian hukum normatif yaitu penelitian yang membahas doktrin-doktrin atau asas-asas hukum. Teknik penulisan ini adalah deskriptif, yaitu melakukan pengumpulan data kemudian menyusun, menjelaskan, dan menganalisa. Penelitian ini adalah kualitatif dengan pengumpulan bahan primer berupa Peraturan Menteri Energi Sumber Daya dan Mineral, lalu bahan hukum sekundur berupa buku-buku dan literatur lainnya. Dari hasil penilitian ini dapat diketahui bahwa, peraturan skema gross split terbaru memberikan kebebasan kontraktor untuk memilih bentuk skema bagi hasil pada industri minyak dan gas bumi, yaitu gross split, cost recovery, dan bentuk lainnya. Ini menyebabkan tidak baiknya daya investasi saham kontraktor, karena terdapat beberapa faktor penting yang diabaikan pihak pemerintah dalam menetap peraturan skema bagi gross split. Kemudian daripada itu terdapat penilaian aturan gross split yang prematur karena terlalu sering melakukan perubahan dan mengabaikan salah satu tujuan daripada dibentuknya skema bagi hasil gross split tersebut yaitu menyederhanakan system birokrasi industri minyak dan gas bumi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 13 Jul 2021 02:39
Last Modified: 13 Jul 2021 02:39
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/51285

Actions (login required)

View Item View Item