Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

NILAI-NILAI PENDIDIKAN JIWA DALAM BUKU TASAWUF MODERN KARYA BUYA HAMKA

Fahrul Rozi (2020) NILAI-NILAI PENDIDIKAN JIWA DALAM BUKU TASAWUF MODERN KARYA BUYA HAMKA. Thesis thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
FULL kecuali BAB IV_Fahrul Rozi.pdf

Download (6MB) | Preview
[img] Text
BAB IV_Fahrul Rozi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (317kB)

Abstract

Pendidikan jiwa adalah proses penumbuhan dan pemeliharaan terhadap apa yang disebut dengan jiwa sebagai totalitas manusia yang berpotensi baik dan buruk. Jiwa merupakan substansi dasar manusia untuk menghasilkan pemikiran, tingkah laku, tindakan, dan persfektif, yang bisa bernilai positif ataupun negatif. Penelitian ini bertujuan untuk megungkap nilai-nilai pendidikan jiwa menurut Buya HAMKA. Penelitian ini adalah penelitian kepustakaan (Library research ) dengan pendekatan analisis isi (content analysis ). Sumber data diperoleh melalui buku Buya HAMKA yang berjudul Tasawuf Modern terbitan Pustaka Panjimas, Jakarta tahun 1990. Hasil penelitian mendapati bahwa didalam buku tasawuf modern karya buya HAMKA terdapat nilai-nilai pendidikan jiwa, antara lain; 1)Bergaul dengan orang budiman; 2 )Membiasakan pekerjaan berfikir; 3)Menjaga syahwat dan kemarahan; 4)Tadbir, menimbang sebelum mengerjakan (bekerja dengan teratur ); 5 )Meneyelidiki cacat-cacat (aib) diri sendiri; 6 ) Menjauhi sifat marah; 7. ) Menjauhi sifat ujub; 8) Menghindari pertengkaran dan mematahkan kata kawan 9) Menjauhi sifat senda gurau dan olok-olok; 10 ) Zuhud; 11 ) Adil; 12 ) Menghilangkan perasaan takut kepada kematian; 13 )Menjauhi sifat ingkar janji dan dendam; 14) Malu

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Program Pascasarjana > S2 > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms. Melda Fitriana
Date Deposited: 09 Jul 2021 03:41
Last Modified: 09 Jul 2021 03:43
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/51280

Actions (login required)

View Item View Item