PENGARUH BUDAYA, PSIKOLOGIS DAN PRIBADI TERHADAP KEPUTUSAN NASABAH DALAM MEMILIH PEMBIAYAAN MURABAHAH PADA BMT BINA UMMAT MANDIRI TAMBANG

AENI WAHYUNI, (2013) PENGARUH BUDAYA, PSIKOLOGIS DAN PRIBADI TERHADAP KEPUTUSAN NASABAH DALAM MEMILIH PEMBIAYAAN MURABAHAH PADA BMT BINA UMMAT MANDIRI TAMBANG. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
2013_2013243AKN.pdf

Download (521kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang pengaruh budaya,psikologis dan kepribadian terhadap keputusan nasabah dalam memilih pembiayaan murabahah pada BMT Bina Ummat Mandiri Tambang. Variabel independen dalam penelitian ini adalah budaya, psikologis dan kepribadian.Untuk variabel dependen dalam penelitian ini adalah keputusan nasabah. Data dalam penelitian ini merupakan data primer yang diperoleh dari penyebaran kuesioner secara langsung kepada nasabah pada BMT Biana Ummat Mandiri Tambang. Model analisis yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah regresi linier berganda dengan menggunakan alat bantu SPSS 16, analisis ini didasarkan pada data dari 77 responden yang penelitiannya melalui kuesioner. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa budaya, psikologis dan pribadi Secara persial (T) budaya berpengaruh signifikan terhadap keputusan nasabah dengan nilai t hitung 3,918 > t tabel yakni 1,666, psikologis berpengaruh signifikan terhadap keputusan nasabah dengan nilai t hitung 5,563 > t tabel 1,666, pribadi berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan nasabah dengan nilai t hitung 5,130 > t tabel 1,666. Maka dari ketiga variabel tersebut yang memiliki pengaruh sangat dominan terhadap keputusan nasabah adalah variabel psikologis. Secara bersama-sama (simultan) faktor budaya, psikologis dan pribadi berpengaruh signifikan terhadap keputusan nasabah dalam memilih pembiayaan murabahah pada BMT Bina Ummat Mandiri Tambang, dengan nilai f hitung sebesar 39,010 > f tabel yakni 2,730, maka dapat dinyatakan bahwa hipotesis Ho ditolak dan Ha diterima. Nilai koefisien determinasi (R2) sebesar 0,616 atau sebesar 61,6%, hal ini menunjukkan bahwa ketiga variabel bebas (budaya, psikologis dan kepribadian) secara bersama-sama memberikan pengaruh terhadap variabel terikat (keputusan nasabah) sebesar 61,6%, sedangkan sisanya 38,4% dipengaruhi oleh variable lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 650 Bisnis > 657 Akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Akuntansi
Depositing User: Surya Elhadi
Date Deposited: 07 Sep 2016 09:31
Last Modified: 07 Sep 2016 09:31
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/5128

Actions (login required)

View Item View Item