Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

HUBUNGAN ANTARA RELIGIUSITAS DENGAN FAMILY QUALITY OF LIFE PADA ORANG TUA YANG MEMILIKI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI PEKANBARU

Fioni Osakinah, - (2021) HUBUNGAN ANTARA RELIGIUSITAS DENGAN FAMILY QUALITY OF LIFE PADA ORANG TUA YANG MEMILIKI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN KECUALI BAB IV.pdf

Download (6MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

HUBUNGAN ANTARA RELIGIUSITAS DENGAN FAMILY QUALITY OF LIFE PADA ORANG TUA YANG MEMILIKI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI PEKANBARU Fioni Osakinah (Email: fiosakinah@gmail.com) Fakultas Psikologi UIN Suska Riau ABSTRAK Stres, depresi, dan perasaan terbebani seringkali dialami oleh orang tua dengan anak berkebutuhan khusus (ABK) sehingga dapat mengganggu kualitas hidup keluarga (FQoL). Family quality of life merupakan faktor penting dalam kehidupan keluarga karena berkaitan dengan ketahanan keluarga. Salah satu faktor yang berkaitan dengan FQoL adalah faktor religiusitas. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji secara ilmiah hubungan antara religiusitas dengan family quality of life pada orang tua yang memiliki anak berkebutuhan khusus di Pekanbaru. Sampel pada penelitian ini berjumlah 78 orang tua yang memiliki anak berkebutuhan khusus di Pekanbaru yang didapat dengan menggunakan teknik purposive sampling. Ada pun karakteristik sampel pada penelitian ini adalah orang tua kandung yang memiliki anak berkebutuhan khusus yang sudah bersekolah. Data penelitian ini diperoleh dengan menggunakan adaptasi skala religiusitas oleh Pearce, Hayward & Pearlman (2017) dan skala the family quality of life beach center oleh Hoffman, et al (2006). Teknik analisis menggunakan analisis korelasi dari Pearson. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara religiusitas dengan family quality of life yaitu nilai r = 0,932 dan nilai sig = 0,000 (p>0,01) dengan R Square diperoleh sebesar 0,868. Artinya terdapat hubungan positif dan signifikan antara religiusitas dengan family quality of life pada orang tua yang memiliki anak berkebutuhan khusus di Pekanbaru. Hasil penelitian menunjukkan religiusitas pada orang tua dapat membantu mengatasi permasalahan dalam memiliki anak berkebutuhan khusus seperti stres, depresi, beban dalam pengasuhan serta religiusitas dapat dijadikan sebagai strategi coping pada orang tua yang memiliki anak berkebutuhan khusus sehingga tercapainya kualitas hidup di dalam keluarga. Kata kunci: religiusitas, family quality of life, orang tua anak berkebutuhan khusus (ABK).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: fpsi -
Date Deposited: 26 Jul 2021 09:38
Last Modified: 26 Jul 2021 09:38
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/51236

Actions (login required)

View Item View Item