Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Keterampilan Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Berbasis Higher Order Thinking Skills Oleh Guru Kelas IV SDIT Raudhatur Rahmah Pekanbaru

Nuke Kesuma Wiranti, - (2021) Keterampilan Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Berbasis Higher Order Thinking Skills Oleh Guru Kelas IV SDIT Raudhatur Rahmah Pekanbaru. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
GABUNGAN TANPA BAB IV.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Terimakasih. ABSTRAK Nuke Kesuma Wiranti, (2021): Keterampilan Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Berbasis Higher Order Thinking Skills Oleh Guru Kelas IV SDIT Raudhatur Rahmah Pekanbaru Keterampilan menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) merupakan kemampuan praktis guru dalam menyusun komponen-komponen RPP. RPP yang disusun oleh guru hendaknya sudah memuat unsur HOTS di dalamnya yaitu C4 (menganalisis), C5 (mengevaluasi), dan C6 (mencipta). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterampilan menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran berbasis HOTS guru kelas IV SDIT Raudhatur Rahmah Pekanbaru. Pendekatan penelitian yang digunakan yaitu penelitian kualitatif jenis deskriptif yang bertujuan untuk mendeskripsikan secara rinci, lengkap dan mendalam terkait dengan situasi yang diteliti. Pengumpulan data diperoleh melalui tes terhadap unjuk kerja guru yaitu rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) dan lembar kerja peserta didik. Analisis data pada penelitian ini berupa reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan. Hasil analisis yang dilakukan oleh peneliti, menunjukkan bahwa dalam pemilihan kata kerja operasional (KKO) pada RPP masih didominasi oleh KKO tingkat rendah (LOTS). Dari empat belas indikator yang diteliti hanya ditemukan tiga indikator yang menggunakan KKO HOTS. Begitu pula dengan soal-soal yang termuat dalam lembar kerja peserta didik masih didominasi oleh soal-soal pada level LOTS. Berdasarkan hasil analisis tersebut diperoleh kesimpulan bahwa keterampilan guru di kelas IV SDIT Raudhatur Rahmah Pekanbaru dalam menyusun RPP berbasis HOTS masih belum maksimal. Kata kunci: Keterampilan Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, Higher Order Thinking Skills.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 12 Jul 2021 02:40
Last Modified: 12 Jul 2021 02:40
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/51229

Actions (login required)

View Item View Item