Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

ANALISIS EFEKTIVITAS PROGRAM USAHA SIMPAN PINJAM PADA BADAN USAHA MILIK DESA BERKAH MAJU DI DESA SIMPANG PETAI KECAMATAN RUMBIO JAYA

RIAN BASTIAN, - (2020) ANALISIS EFEKTIVITAS PROGRAM USAHA SIMPAN PINJAM PADA BADAN USAHA MILIK DESA BERKAH MAJU DI DESA SIMPANG PETAI KECAMATAN RUMBIO JAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
BAB I-BAB VI.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (551kB)

Abstract

Program Usaha Simpan Pinjam belum seutuhnya dapat menyentuh masyarakat yang berekonomi lemah, Masih banyak masyarakat yang terkendala dalam mengembalikan pinjaman dan program pembinaan belum berjalan optimal. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu 1)bagaimana efektifitas program Usaha Simpan Pinjam pada BUMDes Berkah Maju di Desa Simpang Petai Kecamatan Rumbio Jaya,dan 2)apa kendala atau hambatan program Usaha Simpan Pinjam pada BUMDes Berkah Maju di Desa Simpang Petai Kecamatan Rumbio Jaya. Kemudian tujuan dari penelitian ini adalah 1)untuk mendeskripsikan bagaimana efektifitas program Usaha Simpan Pinjam pada BUMDes Berkah Maju di Desa Simpang Petai Kecamatan Rumbio Jaya, dan 2)untuk mendeskripsikan kendala atau hambatan program Usaha Simpan Pinjam pada BUMDes Berkah Maju di Desa Simpang Petai Kecamatan Rumbio Jaya. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik quesioner, observasi dan wawancara. Kemudian teknik analisa data yang digunakan adalah dengan menggunakan metode deskriptif yaitu suatu teknik analisa data dengan cara menggambarkan fenomena keadaan yang ditemui dilapangan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan dalam kategori tidak efektif dengan persentase 38,24%. dan kendala-kendala dalam mencapai efektivitas Program Usaha Simpan Pinjam di Desa Simpang Petai yaitu berkaitan dengan faktor sumber daya manusianya yang masih tergolong rendah baik dari pihak pengelola apalagi dari pihak pemanfaat, perguliran dana yang belum tepat sasaran, tingkat penunggakan yang masih tinggi dan program pembinaan yang belum berjalan optimal serta pemanfaat menggunakan pinjaman untuk kebutuhan konsumsi bukan produksi. Efektivitas dapat ditingkatkan dengan pemberian pembinaan,melakukan evaluasi dan pengawasan, dan dibuat aturan dan perjanjian kesepakatan agar penunggakan dapat teratasi serta pihak pengelola hendak lebih selektif dalam menentukan pemanfaat dana Usaha Simpan Pinjam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Administrasi Negara
Depositing User: fekon -
Date Deposited: 12 Jul 2021 03:29
Last Modified: 12 Jul 2021 03:29
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/51218

Actions (login required)

View Item View Item