HUBUNGAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DENGAN TINGKAH LAKU SISWA DI MADRASAH TSANAWIYAH KECAMATAN BUKIT RAYA PEKANBARU

Desmawati, (2010) HUBUNGAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DENGAN TINGKAH LAKU SISWA DI MADRASAH TSANAWIYAH KECAMATAN BUKIT RAYA PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2010_2011293.pdf

Download (365kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan pada bulan Mai dan Juni di madrasah Tsanawiyah Negeri Bukit Raya pekanbaru, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada hubungan antara prestasi belajar mata pelajaran akidah akhlak dengan tingkah laku siswa kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Negeri Bukit Raya Pekanbaru. Setiap kegiatan belajar mengajar akan menghasilkan suatu perubahan pada diri anak didik dan perubahan itu tampak dari perubahan tingkah laku dan prestasinya. Hal ini apa bila anak mendapatkan hasil atau prestasi belajar yang tinggi dalam prosess belajar mengajar yang telah dilaksanakan, maka diharapkan tingkah laku siswa sesuai dengan tuntunan yang telah dipelajari atau ajaran Islam, sebaliknya apabila prestasi siswa rendah, maka tingkah laku siswa yang muncul adalah tingkah laku yang menyimpang dari yang telah dipelajari. Teknik pengupulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tehnik dokumentasi untuk mendapatkan data prestasi belajar Akidah Akhlak siswa dan dengan menyebarkan angket kepada siswa untuk mendapatkan data tentang tingkah laku siswa. Untuk mengetahui apakah ada hubungan antara prestasi belajar mata pelajaran akidah akhlah dengan tingkah laku siswa maka digunakan rumus korelasi serial : {( )( )} Σ ( ) Σ       - - = p o o SD o o M r 2 r t tot r t ser Berdasarkan penyajian dan analisa data maka dapat disimpulkan bahwa prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran akidah akhlak rata-rata tergolong cukup dengan skor rata-rata 72.1 sedangkan tingkah laku siswa rata-rata tergolong baik. Setelah kedua data tersebut dikorelasikan dengan tehnik korelasi serial maka diperoleh angka korelasi serial 0,795. Angka ini jauh lebih besar dari angka r tabel pada taraf signifikan 5% yaitu 0,217 maupun pada taraf 1 % 0,283. Dengan demikian dapat disimpulkan ada hubungan yang signifikan antara prestasi belajar Akidah Akhlak dengan tingkah laku siswa kelas VIII MTsN Bukit Raya Pekanbaru.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Feni Marti Adhenova
Date Deposited: 21 Dec 2015 06:07
Last Modified: 21 Dec 2015 06:07
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/51

Actions (login required)

View Item View Item