PELAPORAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) PERBANKAN SYARIAH BERDASARKAN PERSPEKTIF SYARIAH ENTERPRISE THEORY (SET) (Studi kasus pada PT Bank Muamalat Indonesia)

Dewi Apriani, (2013) PELAPORAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) PERBANKAN SYARIAH BERDASARKAN PERSPEKTIF SYARIAH ENTERPRISE THEORY (SET) (Studi kasus pada PT Bank Muamalat Indonesia). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
2013_2013105AKN.pdf

Download (374kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pelaporan tanggung jawab sosial perusahaan (Corporate Social Responsibility/ CSR) pada perbankan syariah berdasarkan konsep Syariah Enterprise Theory (SET). Penelitian ini dilakukan dengan menganalisis bagaimana Bank Muamalat Indonesia (BMI) melaporkan tanggung jawab sosial perusahaannya. Data penelitian ini adalah data sekunder yaitu Corporate Social Responsibility Report milik PT Bank Muamalat yang diperoleh dari situs resmi Bank Muamalat Indonesia tahun 2011. Analisis penelitian dengan analisis deskriptif yang didasarkan pada item-item pengungkapan tanggung jawab sosial berdasarkan Syariah Enterprise Theory (SET) yaitu teori yang mengakui adanya pertanggungjawaban tidak hanya kepada pemilik perusahaan saja melainkan kepada stakeholder yang lebih luas seperti Allah, manusia, dan alam. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa akuntabilitas vertikal terhadap Allah sudah sesuai dengan konsep Syariah Enterprise Theory (SET), sedangkan akuntabilitas horizontal terhadap nasabah, akuntabilitas horizontal terhadap karyawan, akuntabilitas horizontal terhadap indirect stakeholder, dan akuntabilitas horizontal terhadap alam secara keseluruhan belum memenuhi konsep Syariah Enterprise Theory (SET). Khususnya akuntabilitas horizontal terhadap alam masih sangat jauh dari konsep Syariah Enterprise Theory (SET). Perusahaan yang tidak memberikan informasi sesuai Syariah Enterprise Theory (SET) akan berdampak sebagai berikut. Pertama, menimbulkan ketidakpercayaan oleh karyawan karena tidak adanya transparansi informasi mengenai kegiatan yang dilaksanakan Bank Muamalat Indonesia (BMI). Kedua, mengurangi citra perusahaan dimata para nasabah sehingga nasabah bisa beralih kepada perusahaan lain. Ketiga, hilangnya simpati dari masyarakat karena rendahnya kepedulian perusahaan kepada masyarakat. Keempat, mengakibatkan turunnya citra perusahaan karena rendahnya perhatian perusahaan terhadap alam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 650 Bisnis > 657 Akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Akuntansi
Depositing User: Surya Elhadi
Date Deposited: 07 Sep 2016 09:29
Last Modified: 07 Sep 2016 09:29
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/5099

Actions (login required)

View Item View Item