PENGARUH MOTIVASI, METODE PEMBELAJARAN, LINGKUNGAN DAN KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP PRESTASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN AKUNTANSI PADA SISWA SMKN 1 BENAI KABUPATEN KUANSING

ANGGI SASTRO WAHYUDI, (2013) PENGARUH MOTIVASI, METODE PEMBELAJARAN, LINGKUNGAN DAN KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP PRESTASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN AKUNTANSI PADA SISWA SMKN 1 BENAI KABUPATEN KUANSING. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
2013_2013102AKN.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh mtivasi, metode pembelajaran, lingkungan, kecerdasan emosional terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran akuntansi pada siswa SMKN 1 Benai Kabupaten Kuansing. Pengambilan sample pada penelitian ini adalah dengan menggunakan metode random sampling. Sample dalam penelitian ini adalah siswa-siswi Akuntansi SMN 1 Benai Kabupaten Kuansing yang dipilih secara acak. Kuisioner yang disebarkan sebanyak 158 buah dan kembali dengan utuh tanpa ada yang gugur. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan metode regresi linear berganda, diuji menggunakan SPSS versi 16. Berdasarkan pengujian terhadap 158 buah kuisioner tersebut maka peneliti dapat menyimpulkan bahwa empat variabel independen (motivasi, metode pembelejaran, lingkungan dan kecerdasan emosional) secara simultan mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap prestasi belajar pada siswa akuntansi SMKN 1 Benai Kabupaten Kuansing. Hal ini terlihat dari nilai F hitung yang lebih besar dari F tabel (3,039 > 2,287). Sedangkan secara parsial variabel independen (motivasi, metode pembelejaran, lingkungan dan kecerdasan emosional) juga mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap prestasi belajar pada siswa Akuntansi SMKN 1 Benai Kabupaten Kuansing. Ha ini dapat dilihat dari t hitung varibel motivasi lebih besar dari t tabel (1,075 > 0,284), t hitung variabel metode pembelajaran lebih besar dari t tabel (0,771>0,442), t hitung variabel lingkungan sekolah lebih besar dari t tabel (2,554 > 0,012), t hitungvariabel lingkungan keluarga lebih besar dari t tabel (0,575 > 0,563), dan t hitung variabel kecerdasan emosional lebih besar dari t tabel (1,071 > 0,012)

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 650 Bisnis > 657 Akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Akuntansi
Depositing User: Surya Elhadi
Date Deposited: 07 Sep 2016 09:29
Last Modified: 07 Sep 2016 09:29
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/5097

Actions (login required)

View Item View Item