PENGARUH MOTIVASI, METODE PEMBELAJARAN, DAN LINGKUNGAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN AKUNTANSI PADA SISWA KELAS II SMK AMANAH KAMPAR KIRI TENGAH LUBUK SAKAI KABUPATEN KAMPAR

SITI ARBAIYAH, (2013) PENGARUH MOTIVASI, METODE PEMBELAJARAN, DAN LINGKUNGAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN AKUNTANSI PADA SISWA KELAS II SMK AMANAH KAMPAR KIRI TENGAH LUBUK SAKAI KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
2013_2013101AKN.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan di Sekolah Menengah Kejuruan Amanah Kampar Kiri Tengah Lubuk Sakai Kabupaten Kampar yang berlangsung tanggal 01 November 2012 sampai 15 November 2012. Adapun tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui apakah motivasi, metode pembelajaran, lingkungan sekolah, dan lingkungan keluarga berpengaruh terhadap prestasi belajar akuntansi siswa SMK Amanah Kampar Kiri. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis kuantitatif. Untuk mengetahui besarnya hubungan variabel bebas terhadap variabel terikat digunakan analisis regresi linier berganda dengan menggunakan program SPSS versi 16.0 yaitu dengan hasil Y= 3.985 + 0.446 X1+ 0.108 X2 + 0.500 X3 + (-0.243) X4. Uji t digunakan untuk mengetahui pengaruh masing-masing faktor yang mempengaruhi prestasi belajar siswa, yaitu motivasi metode pembelajaran, lingkungan sekolah dan lingkungan keluarga. Uji F digunakan untuk mengetahui pengaruh faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi belajar akuntansi siswa secara bersama-sama (simultan). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, pertama instrument yang digunakan dalam penelitian ini handal dan valid melalui pengujian validitas dan reliabilitas dengan menggunakan Pearson Correlation Out SPSS Viewer dan Cronbach Alpha. Kedua, secara parsial variabel motivasi, metode pembelajaran dan lingkungan sekolah mempunyai pengaruh positif terhadap prestasi belajar akuntansi siswa, sedangkan variabel lingkungan keluarga tidak mempunyai pengaruh positif terhadap prestasi belajar akuntansi siswa. Ketiga, nilai Koefesien Determinasi (R) sebesar 79% artinya variabel bebas mempengaruhi variabel terikat, sedangkan 21% dipengaruhi oleh faktor-faktor yang tidak diteliti dalam penelitian ini seperti sarana prasarana, tingkat pendidika pengajar, dan lain-lain.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 650 Bisnis > 657 Akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Akuntansi
Depositing User: Surya Elhadi
Date Deposited: 07 Sep 2016 09:29
Last Modified: 07 Sep 2016 09:29
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/5096

Actions (login required)

View Item View Item