Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PRINSIP-PRINSIP PENGELOLAAN BADAN USAHA MILIK DESA (BUMDES) DI TENGAH PANDEMI COVID-19 DI DESA KOTO PERAMBAHAN KECAMATAN KAMPA KABUPATEN KAMPAR TAHUN 2020

NUR FADLA, - (2020) PRINSIP-PRINSIP PENGELOLAAN BADAN USAHA MILIK DESA (BUMDES) DI TENGAH PANDEMI COVID-19 DI DESA KOTO PERAMBAHAN KECAMATAN KAMPA KABUPATEN KAMPAR TAHUN 2020. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
BAB- BAB VI.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (371kB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di BUMDes Desa Koto Perambahan Kecamatan Kampa Kabupaten Kampar. Hasil dari penelitian ini bahwa prinsip-prinsip pengelolaan BUMDes di tengah pandemi covid-19 belum berjalan dengan maksimal, pada prinsip kooperatif kurangnya kerjasama antara sesama pengelola BUMDes, pemerintah desa dan masyarakat desa koto perambahan dan tidak adanya partisipatif masyarakat terhadap usaha yang dijalankan BUMDes. Dan pada prinsip transparan kurangnya informasi dari pengelola BUMDes ke pemerintah masyarakat terkait perkembangan pelaksanaan program BUMDes itu sendiri. Di dalam prinsip sustainabel terlihat masalah yang cukup kontradiktif antara salah satu program yang selama ini dijalankan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana Prinsip-Prinsip Pengelolaan Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Di Tengah Pandemi Covid-19 Di Desa Koto Perambahan Kecamatan Kampa Kabupaten Kampar Tahun 2020. Metode yang digunakan adalah Deskriptip kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Saran dari penelitian ini yaitu kepada pengelola Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Pekan Tua agar supaya mampu membuat program lainnya selain program usaha simpan pinjam dan usaha fotocopy serta penjualan alat tulis kantor dengan memaksimalkan potensi-potensi di desa yang tersedia sekarang ini seperti dibidang pertanian dan juga pengelola BUMDes kiranya dapat memberikan kesadaran terhadap masyarakat desa agar dengan dana yang diberikan melalui BUMDes ini bisa dipergunakan sesuai dengan kebutuhan mereka dan bisa lebih aktif lagi dalam melakukan pengembalian pokok dan bunga pinjam demi menjaga kelangsungan badan usaha.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Depositing User: fekon -
Date Deposited: 12 Jul 2021 02:31
Last Modified: 12 Jul 2021 02:31
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/50858

Actions (login required)

View Item View Item