Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Tinjauan Fiqh Siyasah Terhadap Pengelolaan Badan Usaha Milik Desa ( BUM Desa ) Di Desa Kijang Makmur Berdasarkan UU Nomer 6 Tahun 2014 Tentang Desa.

Henny Rizky Dianti, Henny (2021) Tinjauan Fiqh Siyasah Terhadap Pengelolaan Badan Usaha Milik Desa ( BUM Desa ) Di Desa Kijang Makmur Berdasarkan UU Nomer 6 Tahun 2014 Tentang Desa. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text (SKRIPSI GABUNGAN)
SKRIPSI GABUNGAN.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (370kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dengan perkembangan perekonomian zaman, yang tidak hanya berlaku di kota-kota besar saja, yang mana desa juga berhak dalam kemajuan dalam bidang perekonomian dan keuangan sehingga terbentuklah kesejahteraan bagi masyaraktnya. Dan dilihat dari bagaimana salah satu upaya dalam meningkatkan perekonomian desa dibentuk lah BUM Desa. Adapun rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimana pengelolaan BUM Desa di Desa Kijang Makmur Kecamatan Tapung Hilir Berdasarkan UU Nomer 6 Tahun 2014 dan Bagaimana Analisis Fiqh Siyasah Terhadap pengelolaan Badan Usaha Milik Desa Kijang Makmur Kecamatan Tapung Hilir. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan ( field reseach ), yaitu peneliti yang dengan cara melalakukan survei langsung kelapangan. Lokasi penelitian ini di lakukan di BUM Desa Kijang Makmur Kec. Tapung Hilir, Kampar. Populasi dalam penelitian ini adalah 1 Kepala Desa, 1 Ketua BUM Des 2 pegawai BUM Desa, 1 Ketua Badan Permusyawaratn Desa, 3 pegawai Desa dan 7 tokoh masyarakat yang mana dapat juga menilai bagaimana pengelolaan Badan Usaha milik Desa di Desa Kijang Makmur Kecamatan Tapung Hilir Kabupaten Kampar. Dengan jumlah populasi yang relatif sedikit yang mana berjumlah 15 orang, penulis menjadikan seluruh populasi menjadi sampel dengan teknik Total Sampling. Sumber data dari penelitian ini adalah data primer dan data skunder yang kemudia penulis analisis mengunakan analisis deskriptif kualitatif. Sedangkan pengumpulan data yang digunakan adalah Observasi, wawancara, dokumentasi, dan Pustaka. Berdasarkan hasil penelitian melalui Observasi, wawancara, Dokumentasi dan Pustaka dapat di ketahui bahwa pengelolaan BUM Desa belum maksimal dalam pengelolaannya jika dilihat berdasarkan UU Nomer 6 Tahun 2014 Tentang Desa dalam pengelolaannya yang mana dipenegaruhi kurangnya pengetahuan yang dipiliki oleh pihak-pihak yang mengelola BUM Desa sehingga dalam pengelolaannya belum maksimal. Sedangkan dalam fiqih sisayah mailyah BUM Desa sudah hampir maksimal dalam pengeloaannya. Yang mana sama sama dalam upaya meningkatkan ekonomi dan keuangan negara

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Tata Negara (Siyasah)
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 12 Jul 2021 02:06
Last Modified: 12 Jul 2021 02:06
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/50838

Actions (login required)

View Item View Item