Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN PRINSIP SYARIAH PADA PRAKTIK PERDAGANGAN SAHAM MELALUI SHARIA ONLINE TRADING SYSTEM (Studi Pada Phintraco Sekuritas Kantor Perwakilan Riau)

Muhammad Harzian, - (2021) PENERAPAN PRINSIP SYARIAH PADA PRAKTIK PERDAGANGAN SAHAM MELALUI SHARIA ONLINE TRADING SYSTEM (Studi Pada Phintraco Sekuritas Kantor Perwakilan Riau). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN KECUALI BAB IV.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Muhammad Harzian (2021): Penerapan Prinsip Syariah Pada Praktik Perdagangan Saham Melalui Sharia Online Trading System (Studi Pada Phintraco Sekuritas Kantor Perwakilan Riau) Isu kesyariahan dalam pelaksanaan perdagangan melalui Sharia Online Trading System yang disediakan Phintraco Sekuritas menjadi bahan kajian yang menarik untuk dibahas. Karena, dalam aktivitas perdagangan saham sehari-hari harga saham mengalami fluktuasi. Baik berupa kenaikan maupun penurunan harga yang disebabkan oleh permintaan dan penawaran saham oleh investor. Fluktuasi harga saham kemudian tak jarang dimanfaatkan oleh investor untuk melakukan transaksi secara spekulasi yang terkadang disertai sikap untung-untungan dikarenakan tidak dibekali dengan ilmu pengetahuan yang cukup karena adanya niat hanya ingin mencari keuntungan secara cepat dan mudah padahal, tindakan investor seperti ini bisa terjebak pada transaksi yang mengandung unsur maisir. Walaupun nasabah telah menggunakan Sharia Online Trading System dalam melakukan transaksi perdagangan saham, transaksi seperti ini masih bisa terjadi. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field research) yaitu penelitian dilakukan dalam kehidupan yang sebenarnya dan menyangkut data yang ada dilapangan, dan sample yang dijadikan responden dalam penelitian ini sebanyak 94 orang dari dari 946 populasi dan satu pekerja di Phintraco Sekuritas Kantor Perwakilan Riau sebagai penguatan data yang berposisi sebagai Marketing Officer. Menggunakan teknik purposive sampling. Sumber data ini diperoleh langsung daari lapangan dengan menggunakan metode observasi, angket dan wawancara. Sedangkan metode analisa yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif mengungkapkan fakta apa adanya sesuai dengan kenyataan yang diamati, yang ada kaitannya dengan masalah yang dibahas sehingga dapat diambil kesimpulan secara tepat sesuai dengan pokok permasalahan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa perdagangan saham melalui Sharia Online Trading System (SOTS) Profits Syariah di Phintraco Sekuritas Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan, pertama mekanisme berinvestasi saham diaplikasikan dengan membuka akun untuk melakukan transaksi jual/beli saham. Kedua, praktik perdagangan saham berdasarkan prinsip syariah. Ketiga, nasabah Phintraco Sekuritas dalam berinvestasi menggunakan analisis sehingga terhindar dari transaksi yang mengandung unsur maisir.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 340 Ilmu Hukum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah (Muamalah)
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 12 Jul 2021 07:35
Last Modified: 12 Jul 2021 07:35
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/50826

Actions (login required)

View Item View Item