Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

HADIS TENTANG WAS-WAS SYAITHON DALAM SHALAT (Kajian Ilmu Ma’anil Hadis)

RAHMI UMAIRA, - (2021) HADIS TENTANG WAS-WAS SYAITHON DALAM SHALAT (Kajian Ilmu Ma’anil Hadis). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN KECUALI BAB IV.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi ini berjudul “Hadis Tentang Was-was Syaithon dalam Shalat (Kajian Ilmu Ma’anil Hadis)”. Agar terhindar dari was-was syaithon dalam shalat, Nabi mengajarkan dengan berta’awudz dan meludah ke arah kiri sebanyak tiga kali. Adapun di dalam hadis lain dijelaskan bahwa dilarang meludah ketika shalat jika tidak ada udzur syar’i. Dari permasalahan tersebut dirumuskan masalah yaitu bagaimana kualitas hadis tentang cara berlindung dari was-was syaithon dan bagaimana pemahaman hadis berdasarkan konteks ilmu ma’anil hadis mengenai cara berlindung dari was-was syaithon dengan berta’awudz dan meludah ke arah kiri sebanyak tiga kali. Jenis penelitian ini adalah penelitian kepustakaan (library research). Data penelitian ini hadis Nabi yang mengandung kata ta’awudz dan tafl dalam Shahih Muslim dan Musnad Ahmad. Dari hasil penelitian ini hadis was-was syaithon dalam shalat berstatus shahih, karena semua perawi dinilai tsiqoh. Meskipun ada seorang rawi yang dinilai mukhtalith, tetapi hal tersebut tidak berpengaruh terhadap kualitas, karena Imam Shahihain berhujjah dengannya. Adapun makna hadis memberikan anjuran kepada orang yang terkena was-was syaithon dalam shalat agar berta’awudz dan meludah ke kiri sebanyak tiga kali tentunya disertai dengan penuh keyakinan kepada Allah, maka hal tersebut hilang. Adapun makna meludah dalam hadis ini meniup disertai sedikit hembusan ludah, artinya bukan meludah besar tetapi meludah kecil. Keyword: Hadis, Was-was Syaithon, Shalat, Ma’anil Hadis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.1 Sumber-sumber Agama Islam, Kitab Suci Agama Islam > 297.1226 Tafsir Al-Qur'an, Ilmu Tafsir
000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Ilmu Hadis
Depositing User: fushu -
Date Deposited: 13 Jul 2021 03:49
Last Modified: 13 Jul 2021 03:49
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/50813

Actions (login required)

View Item View Item