Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PARADIGMA RIYA’ DALAM SEDEKAH SURAT AL-BAQARAH AYAT 263-264 (STUDI KOMPARATIF PENAFSIRAN AL-QURTHUBI DAN WAHBAH AL-ZUHAILI)

Sari Yani, - (2021) PARADIGMA RIYA’ DALAM SEDEKAH SURAT AL-BAQARAH AYAT 263-264 (STUDI KOMPARATIF PENAFSIRAN AL-QURTHUBI DAN WAHBAH AL-ZUHAILI). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
GABUNGAN TANPA BAB IV.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi ini berjudul Paradigma Riya’ dalam Sedekah Surat al-Baqarah ayat 263-264 (Studi Kompratif Penafsiran Al-Qurthubi dan Wahbah al-Zuhaili), meneliti tafsir yang menjadi argumentasi pandangan Al-Qurthubi dan Wahbah al-Zuhaili mengenai paradigma riya’ dalam sedekah surat al-Baqarah ayat 263-264. Adapun rumusan masalah yang dapat penulis ambil dari judul ini adalah bagaimana penafsiran kedua tokoh mengenai paradigma riya’ dalam sedekah surat al-Baqarah ayat 263-264, serta bagaimana paradigma masyarakat mengenai riya’ dalam sedekah. Penelitian ini tergolong kepada penelitian library research dan metode penelitian ini adalah deskriptif analisis, yakni mengenalisa bserta menggambarkan bagaimana perbedaan antara penafsiran Al-Qurthubi dengan Wahbah al-Zuhaili mengenai paradigma riya’ dalam sedekah surat al-Baqarah ayat 263-264. Penulis juga dibantu oleh sumber-sumber yang kuat yakni sumber data primer yakni tafsir Al-Qurthubi dan tafsir Wahbah al-Zuhaili. Sedangkan data sekunder adalah literatur-literatur yang berkaitan dengan judul penelitian. Maka dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penafsiran Al-Qurthubi dan Wahbah al-Zuhaili mengenai paradigma riya’ dalam sedekah surat al-Baqarah ayat 263-264 yaitu bersedekah dibarengi dengan perbuatan riya’ maka pahalanya seperti debu yang bertaburan yang tidak ada artinya hanya sia-sia saja, tetapi yang membedakan penafsiran kedua tokoh adalah mengenai riya’ dalam sedekah tafsir yang pertama yakni Al-Qurthubi beliau menjelaskan dalam tafsirannya orang yang riya’ dalam sedekah termasuk juga golongan orang kafir yang tidak beriman kepada Allah SWT. Selanjutnya metode dalam menafsirkan. Kata Kunci : paradigma, riya’ sedekah, al-Baqarah

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Ilmu Alqur'an dan Tafsir
Depositing User: fushu -
Date Deposited: 12 Jul 2021 01:35
Last Modified: 12 Jul 2021 01:35
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/50786

Actions (login required)

View Item View Item