Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENANGANAN KASUS KEKERASAN BERBASIS GENDER TERHADAP PEREMPUAN OLEH UPT PPA KOTA PEKANBARU BERDASARKAN PERWAKO PEKANBARU NOMOR 142 TAHUN 2019 DALAM PERSPEKTIF FIQH SIYASAH

Manisha Dwi Putri, - (2021) PENANGANAN KASUS KEKERASAN BERBASIS GENDER TERHADAP PEREMPUAN OLEH UPT PPA KOTA PEKANBARU BERDASARKAN PERWAKO PEKANBARU NOMOR 142 TAHUN 2019 DALAM PERSPEKTIF FIQH SIYASAH. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (968kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI MANISHA DWI PUTRI.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Manisha Dwi Putri (2020) : Penanganan Kasus Kekerasan Berbasis Gender Terhadap Perempuan Oleh UPT PPA Kota Pekanbaru Berdasarkan Perwako Pekanbaru Nomor 142 Tahun 2019 dalam Perspektif Fiqh Siyasah Penelitian ini di latarbelakangi adanya kenaikan jumlah kasus kekerasan berbasis gender terhadap perempuan pada tahun 2019-2020. Sehingga perlunya perhatian khusus dari pemerintah untuk menangani masalah kekerasan berbasis gender terhadap perempuan ini. Dalam penulisan skripsi ini penulis mengangkat beberapa pokok permasalahan yakni bagaimana penanganan, apa faktor-faktor yang mempengaruhi penanganan kasus kekerasan berbasis gender terhadap perempuan oleh Unit Pelaksanaan Teknis Perlindungan Perempuan dan Anak (UPT PPA) Kota Pekanbaru, dan bagaimana tinjauannya dalam fiqih siyasah. Jenis penelitian ini adalah penelitian sosiologis hukum dengan metode Penelitian lapangan (field research) yang berlokasi di Unit Pelaksana Teknis Perlindungan Perempuan dan Anak (UPT PPA) Kota Pekanbaru. Adapun metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah melalui observasi, dan wawancara sebagai data primer yang dihimpun dari pihak Unit Pelaksana Teknis Perlindungan Perempuan dan Anak (UPT PPA) Kota Pekanbaru. Data skunder yang didapat dari buku-buku, dokumentasi sedangkan data tersier di dapat dari kamus, ensiklopedia, artikel pada majalah atau surat kabar dan sebagainya yang terkait langsung dengan permasalahan yang diteliti, setelah data tersebut diperoleh, lalu dianalisa dengan deskriptif kualitatif. Melalui observasi dan wawancara dilapangan penulis memperoleh hasil setelah mengetahui permasalahan yang ada, maka penulis meninjau dengan pandangan Fiqh Siyasah dengan menampilkan nash al-Qur’an, dan kaedah fiqiyah untuk mempertegas kesimpulan yang ditarik. Dari uraian yang disajikan dan dari tinjauan yang telah dilakukan, maka penulis memperoleh jawaban bahwasanya terkait penanganan, faktor-faktor yang mempengaruhi penanganan kasus kekerasan berbasis gender terhadap perempuan oleh UPT PPA Kota Pekanbaru berdasarkan Perwako Pekanbaru Nomor 142 tahun 2019 masih belum maksimal karena adanya faktor pengambat penanganan. Dengan demikian hasil dari penelitian penanganan kasus kekerasan berbasis berbasis gender terhadap perempuan oleh UPT PPA Kota Pekanbaru belum sepenuhnya sejalan dengan tinjauan Fiqh Siyasah dikarenakan pemimpin adalah orang yang bertanggung jawab sepenuhnya terhadap perlindungan rakyatnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 340 Ilmu Hukum > 342.598 Hukum Konstitusi di Indonesia, Hukum Tata Negara Indonesia
000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Tata Negara (Siyasah)
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 08 Jul 2021 03:35
Last Modified: 08 Jul 2021 03:35
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/50769

Actions (login required)

View Item View Item