Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

SISTEM PENGELOLAAN BADAN USAHA MILIK NAGARI DI KENAGARIAN SONTANG CUBADAK KECAMATAN PADANG GELUGUR KABUPATEN PASAMAN DALAM PERSPEKTIF EKONOMI SYARIAH

Miftah Huljannah, - (2021) SISTEM PENGELOLAAN BADAN USAHA MILIK NAGARI DI KENAGARIAN SONTANG CUBADAK KECAMATAN PADANG GELUGUR KABUPATEN PASAMAN DALAM PERSPEKTIF EKONOMI SYARIAH. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN KECUALI BAB IV.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Miftah Huljannah, (2021): Sistem Pengelolaan Badan Usaha Milik Nagari di Kenagarian Sontang Cubadak Kecamatan Padang Gelugur Kabupaten Pasaman dalam Perspektif Ekonomi Syariah. BUMNag adalam badan usaha milik nagari yang berfungsi mendistribusikan hasil pertanian dan perkebunan, memberikan jasa simpan pinjam dan lain-lain, BUMNag ini hanya terdapat di daerah Sumatera Barat yang pengelolaannya diawasi oleh Wali Nagari setempat, salah satu BUMNag yang ada di Sumatera Barat adalah BUMNag Sontang Cubadak yang terletak di Kenagarian Sontang Cubadak Kecamatan Padang Gelugur Kabupaten Pasaman. Penelitian ini dilakukan karena kurang baiknya pengelolaan BUNag di sontang cubadak hal tersebut disebabkan oleh kurangnya organisasi kepengusan BUMNag tersebut. Adapun pokok permasalahan pada penelitian ini adalah bagaimanakah sistem pengelolaan Badan Usaha Milik Nagari di Kenagarian Sontang Cubadak Kecamatan Padang Gelugur Kabupaten Pasaman dan bagaimana tinjauan ekonomi syariah terhadap Sistem pengelolaan Badan Usaha Milik Nagari di Kenagarian Sontang Cubadak Kecamatan Padang Gelugur Kabupaten Pasaman. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan dengan teknik penulisan deskriptif, yang berlokasi di BUMNag Sontang Cubadak Kecamatan Padang Gelugur Kabupaten Pasaman, populasi dalam penelitian ini adalah seluruh staf pegawai BUMNag sontang cubadak beserta nasabah BUMNag Sontan Cubadak dan sampelnya 5 orang staf BUMNag dan 4 orang nasabah BUMNag Sontang Cubadak, dengan menggunakan metode purposive sampling. Data diperoleh dengan menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Metode analisis yang digunakan dalam metode deskriptif kualitatif, dimana menghasilkan data deskriptif untuk menghasilkan suatu keadaan yang berjalan pada saat penelitian dilakukan. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa dalam pelaksanaan sistem pengelolaan BUMNag Tuah Sakato Di Kenagarian Sontang Cubadak Kecamatan Padang Gelugur Kabupaten Pasaman. unit usaha yang dijalankan BUMNag tuah sakato secara realita belum sepenuhnya terbukti. Hal tersebut ditunjukkan dengan sistem pengelolaan yang kurang efektif dimana anggota atau staff pengurus BUMNag kurang maksimal dalam melaksanakan tanggungjawab atas unit usaha yang diamanahkan kepadanya. Menurut tinjauan ekonomi syariah pelaksanaan unit usaha BUMNag tuah sakato sontang cubadak telah memenuhi syarat dan ketentuan. Namun, dalam pelaksanaannya masih terdapat kekurangan seperti adanya unsur ketidakjelasan (gharar) yaitu kurang transparansinya pencatatan keuangan dan sistem penggajian yang masih bersifat sukarelawan. Ini menunjukkan bahwa BUMNag tuah sakato Sontang cubadak belum melaksanakan tugasnya secara efektif dan maksimal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 340 Ilmu Hukum
000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 08 Jul 2021 02:25
Last Modified: 08 Jul 2021 02:26
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/50764

Actions (login required)

View Item View Item