Alfin Rahma Mutiara Mulyani, - (2021) IMPLEMENTASI STRATEGI MEMBER CARD PADA SWALAYAN BUDIMAN BUKITTINGGI DALAM UPAYA MENINGKATKAN PENJUALAN MENURUT EKONOMI ISLAM. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
GABUNGAN KECUALI BAB IV.pdf Download (4MB) | Preview |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
ABSTRAK Alfin Rahma Mutiara Mulyani, (2021): Implementasi Strategi Member Card Pada Swalayan Budiman Bukittinggi dalam Upaya Meningkatkan Penjualan Menurut Ekonomi Islam Swalayan Budiman Cabang Bukittinggi merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang penjualan produk barang harian. Jaringan swalayan yang luas dan layanan yang profesional telah membantu dalam pendistribusian produk dan meningkatkan daya saing dalam pemasaran. Persaingan yang semakin berat dalam dunia bisnis membuat Swalayan Budiman terus melakukan perkembangan terhadap strategi pemasarannya. Salah satu bentuk strategi pemasaran yang diterapkan Swalayan Budiman adalah program member card guna menarik pelanggan agar terus berbelanja di Swalayan Budiman. Adapun permasalahan dalam penelitian ini adalah sebagai berikut, yaitu: Pertama bagaimana implementasi strategi member card pada Swalayan Budiman Bukittinggi dalam upaya meningkatkan penjualan? Kedua apa saja faktor pendukung dan penghambat strategi member card pada Swalayan Budiman Bukittinggi dalam upaya meningkatkan penjualan? Ketiga bagaimana tinjauan ekonomi Islam mengenai strategi member card pada Swalayan Budiman Bukittinggi dalam upaya meningkatkan penjualan? Penelitian ini adalah penelitian lapangan yang berlokasi di Swalayan Budiman Bukittinggi. Subjek pada penelitian ini adalah pemilik, menejer, karyawan, konsumen dan objeknya yaitu Implementasi Strategi Member Card pada Swalayan Budiman Bukittinggi dalam Upaya Meningkatkan Penjualan. Adapun populasi pada penelitian ini berjumlah 4002 orang dan sampel 98 orang. Sumber data terdiri dari data primer dan data sekunder, dikumpulkan melalui observasi, wawancara, angket dan dokumentasi serta analisis data pada penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Metode pada penelitian ini adalah metode dedukatif, induktif dan deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian implementasi strategi member card yang diterapkan oleh Swalayan Budiman dalam upaya meningkatkan penjualan yaitu menggunakan sistem point (mengumpulkan point). Point bisa didapatkan dengan minimal belanja Rp10.000,00 kemudian ditukarkan dengan hadiah yang telah disediakan. Faktor pendukung dari strategi ini dilihat dari aktifnya karyawan dalam mempromosikan program member card kepada konsumen dan faktor penghambatnya yaitu sistim member card yang belum online. Berdasarkan tinjauan ekonomi Islam program member card yang diterapkan oleh Swalayan Budiman sudah sesuai dengan syariat Islam. Kata kunci: Implementasi Strategi Member Card dalam Upaya Meningkatkan Penjualan
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 000 Karya Umum |
Divisions: | Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah |
Depositing User: | fasih - |
Date Deposited: | 07 Jul 2021 07:50 |
Last Modified: | 07 Jul 2021 07:50 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/50755 |
Actions (login required)
View Item |