Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

SISTEM SIMPAN PINJAM KOPERASI SINAR ALAM JAYA DI KABUPATEN TANAH DATAR PERSPEKTIF FIQH MUAMALAH

Revany Shafira, - (2021) SISTEM SIMPAN PINJAM KOPERASI SINAR ALAM JAYA DI KABUPATEN TANAH DATAR PERSPEKTIF FIQH MUAMALAH. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN KECUALI BAB IV.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Revany Shafira (2021) : Sistem Simpan Pinjam Koperasi Sinar Alam Jaya Di Kabupaten Tanah Datar Perspektif Fiqh Muamalah Penelitian skripsi ini membahas tentang simpan pinjam Koperasi Sinar Alam Jaya di Kabupaten Tanah Datar. Judul ini penulis angkat dikarenakan dalam sistem simpan pinjam Koperasi Sinar Alam Jaya tedapat pemasalahan yaitu adanya penuggakan dalam transaksi pembayaran dan sistemnya tidak sesuai dengan tuntunan syari’at islam. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana sistem simpan pinjam Koperasi Sinar Alam Jaya di Kabupaten Tanah Datar, bagaimana respon anggota tehadap sistem simpan pinjam Koperasi Sinar Alam Jaya, dan bagaimana sistem simpan pinjam Koperasi Sinar Alam Jaya di Kabupaen Tanah Datar pespektif Fiqh Muamalah. Penelitian ini adalah penelitian lapangan, jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian hukum yuridis empiris yang mana penelitian ini berdasarkan suatu pendekatan yang mengacu pada peraturan-peraturan tertulis untuk kemudian dilihat bagaimana implementasikannya di lapangan. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu Observasi, wawancara, angket/kuisioner, kajian pustaka, dan dokumentasi. Kemudian data yang sudah dianalisa dengan menggunakan teori metode deskriptif kualitatif. Metode yang menggambarkan atau mengungkapkan fakta yang apa adanya sesuai dengan kenyataan yang diamati, yang ada kaitannya dengan masalah yang dibahas sehingga dapat diambil kesimpulan secara tepat sesuai dengan pokok permasalahan. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa sistem simpan pinjam Koperasi Sinar Alam Jaya menggunakan prosedur yang jelas, ini dibuktikan adanya UU dalam koperasi Simpan Pinjam Sinar Alam Jaya yang mengatur tata cara peminjaman sampai sanksi yang dilakukan apabila terjadi sebuah pelanggaran, sehingga anggota dapat dengan mudah memperoleh dana pinjaman tersebut. Tanggapan anggota dengan simpan pinjam tersebut sudah baik. KSP Sinar Alam Jaya berdampak positif bagi anggota, baik untuk kebutuhan sehari-hari maupun untuk kebutuhan yang lain, sehingga koperasi dapat meringankan kesulitan bagi anggota. Adapun sistem pinjaman di Koperasi Simpan Pinjam Sinar Alam Jaya dalam perspektif fiqh muamalah merupakan hal yang tidak boleh atau dilarang dengan alasan bahwa sistem yang diterapkan masih ada yang bertentangan dengan pinsip syari’ah. Pengembalian jasa 0,9% dari persentase besarnya peminjaman saat pengembalian uang temasuk riba karena mensyaratkan kepada peminjam untuk mengembalikan utangnya dengan adanya tambahan atau manfaat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.2 Teologi Islam, Aqaid dan Ilmu Kalam > 297.273 Islam dan Ilmu Ekonomi
000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah (Muamalah)
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 08 Jul 2021 03:03
Last Modified: 08 Jul 2021 03:03
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/50754

Actions (login required)

View Item View Item