Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

KLASIFIKASI SENTIMEN MASYARAKAT TERHADAP KEBIJAKAN GANJIL GENAP KENDARAAN BERMOTOR DI DKI JAKARTA PADA MEDIA SOSIAL YOUTUBE MENGGUNAKAN ALGORITMA C4.5

m. taufiqul ahli arrisyi, - (2021) KLASIFIKASI SENTIMEN MASYARAKAT TERHADAP KEBIJAKAN GANJIL GENAP KENDARAAN BERMOTOR DI DKI JAKARTA PADA MEDIA SOSIAL YOUTUBE MENGGUNAKAN ALGORITMA C4.5. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
TA_M TAUFIQUL AHLI ARRISYI - BAB 1,2,3,6.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV,BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Kebijakan ganjil genap dinilai merupakan sebuah kebijakan yang tepat dalam menangani masalah kemacetan. Pada penerapan sistem ganjil genap banyak masyarakat yang memberikan tanggapan dan opininya, ada yang beranggapan positif dan ada juga yang beranggapan negatif. Dibutuhkan klasifikasi komentar untuk mengetahui opini masyarakat terhadap kebijakan ganjil genap. Klasifikasi sentimen masyarakat terhadap kebijakan ganjil genap di DKI Jakarta ini menggunakan algoritma C4.5 yang merupakan proses memahami dan mengolah data untuk mendapatkan suatu informasi sentimen yang terkandung dalam suatu kumpulan kalimat opini serta mengetahui tingkat akurasinya. Objek klasifikasi pada penelitian ini adalah sentimen komentar pada video Youtube. Hasil klasifikasi dari algoritma C4.5 dievaluasi dan divalidasi dengan menggunakan confusion matrix untuk mengetahui tingkat akurasi dari algoritma C4.5. Berdasarkan hasil evaluasi dan validasi diperoleh tingkat akurasi sebesar 84,3% dan klasifikasi sentimen masyarakat terhadap kebijakan ganjil genap di DKI Jakarta pada media sosial Youtube dapat diterapkan. Berdasarkan hasil klasifikasi pada 3000 data komentar, dapat disimpulkan bahwa pengguna Youtube beropini negatif sebanyak 1385 komentar, beropini netral 1266 dan beropini positif 348.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 620 Ilmu Teknik
000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Informatika
Depositing User: fsains -
Date Deposited: 08 Jul 2021 03:24
Last Modified: 08 Jul 2021 03:25
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/50753

Actions (login required)

View Item View Item