Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENYEWAAN ORGEN TUNGGAL MENURUT FIQIH MUAMALAH (Studi Kasus di Desa Suka Maju Kecamatan Rambah Kabupaten Rokan Hulu)

SUDAR MANTO, - (2021) PENYEWAAN ORGEN TUNGGAL MENURUT FIQIH MUAMALAH (Studi Kasus di Desa Suka Maju Kecamatan Rambah Kabupaten Rokan Hulu). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN KECUALI BAB IV.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Nama : SUDAR MANTO NIM : 11522104581 Jurusan : Hukum Ekonomi Syariah (Muamalah) Judul : Penyewaan Orgen Tunggal Menurut Fikih Muamalah (Studi Kasus di Desa Suka Maju Kecamatan Rambah Kabupaten Rokan Hulu) Skripsi ini berjudul: Penyewaan Orgen Tunggal Menurut Fikih Muamalah. Adapun permasalah dalam tulisan ini adalah, Bagaimana sistem pelaksanaan sewamenyewa yang dilakukan antara pemilik Orgen Tunggal dengan penyewa Orgen Tunggal, Bagaimana presepsi masyarakat Desa Suka Maju terhadap penyewaan Orgen Tunggal tersebut, Bagaimana pandangan hukum Islam terhadap penyewaan Orgen Tunggal tersebut, Lokasi penelitian ini bertempat di Desa Suka Maju Kecamatan Rambah Kabupaten Rokan Hulu. Adapun yang menjadi alasan daerah ini dijadikan tempat penelitian ialah, karena mudah untuk di jangkau dan mudahnya mendapatkan informasi terhadap permasalahan yang diteliti. Tujuan yang diharapkan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana praktek penyewaan yang dilakukan di Desa Suka Maju Kecamatan Rambah Kabupaten Rokan Hulu. Untuk mengetahui bagaimana tanggapan masyarakat terhadap praktek penyewaan Orgen Tunggal di Desa Suka Maju. Dan untuk mengetahui tinjauan hukum Islam tentang penyewaan (ijarah) Orgen Tunggal di Desa Suka Maju Kecamatan Rambah Kabupaten Rokan Hulu. Metode yang digunakan dalam penulisan skripsi ini adalah dengan metode pembahasan Deduktif, Indktif, dan Deskriptif tehadap data primer dan sekunder. Data primer dalam penyusunan ini adalah data yang diperoleh berupa, wawancara dan Dokumentasi, sedangkan data sekunder adalah data pendukung yang berupa buku-buku yang berhubungan dengan masalah yang penulis teliti. Dari hasil penelitian yang di peroleh di lapangan bahwa masalah yang terjadi di Desa Suka Maju, yaitu permasalahan waktu lamanya sewaan atau operasional Orgen Tunggal, dan juga jumlah uang yang dibayar oleh penyewa yang terkadang tidak sesuai dengan kesepakatan dan kerelaan antara pemilik dan penyewa. Berdasarkan pengamatan penulis, bahwa dalam pelaksanaan penyewaan antara penyewa dan pemilik tidak menerbitkan dalam bentuk perjanjian tertulis, sehingga kendala-kendala yang muncul akan sulit dibuktikan. Dan dalam hal ini menimbulkan kerugian antara kedua belah pihak. Didalam ajaran Islam telah diatur bagaimana cara bermuamalah yang benar, kedua belah pihak diharapkan saling menguntungkan bukan saling merugikan. Oleh sebab itu masalah penyewaan Orgen Tunggal di Desa Suka Maju masih belum tercapai maksud mulia sesuai dengan apa yang telah dianjurkan oleh agama.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.2 Teologi Islam, Aqaid dan Ilmu Kalam > 297.273 Islam dan Ilmu Ekonomi
000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah (Muamalah)
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 08 Jul 2021 02:31
Last Modified: 08 Jul 2021 02:31
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/50752

Actions (login required)

View Item View Item