Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

MIKROORGANISME DALAM AL-QUR’AN (Analisis Penafsiran Mustafa al-Maraghi terhadap Kata Famâ Fauqahâ Pada Surat Al-Baqarah Ayat 26)

NANDA SAPUTRA, - (2021) MIKROORGANISME DALAM AL-QUR’AN (Analisis Penafsiran Mustafa al-Maraghi terhadap Kata Famâ Fauqahâ Pada Surat Al-Baqarah Ayat 26). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN KECUALI BAB IV.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Tulisan ini berjudul,”MIKROORGANISE DALAM AL-QUR’AN (Analisis Penafsiran Mustafa al-Maraghi terhadap kata famâ fauqahâ pada surah al-Baqarah ayat 26)”. Keberadaan mikroorganisme telah memberikan pengaruh yang sangat besar dalam kehidupan seperti adanya penyakit flu burung, malaria, demam berdarah dengue (DBD), COVID 19 dan lainnya. Al-Qur‟an sebagai kitab suci bagi umat Islam telah memuat informasi yang lengkap tentang makhlu famâk hidup. Pada surah al-Baqarah ayat 26 terdapat kata famâ fauqahâ, Mustafa al-Maraghi menjelaskan bahwa yang dimaksud adalah yang lebih kecil daripada nyamuk, yakni sesuatu yang tampak lebih kecil dari nyamuk. Maksudnya adalah sesuatu yang hanya bisa dilihat dengan alat pembesar atau mikroskop. Misalnya kuman, kuman tersebut tidak bisa dilihat dengan mata telanjang, dan hanya bisa dilihat dengan bantuan mikroskop. Penafsiran Mustafa al-Maraghi tersebut mengandung isyarat bahwa al-Quran telah memberikan informasi tentang mikroorganisme. Pada penelitian ini, penulis merumuskan beberapa pokok pertanyaan, diantaranya adalah: 1) apa yang dimaksud dengan famâ fauqahâ?, 2) Bagaimana penafsiran mustafa al-maraghi terhadap kata famâ fauqahâ pada surat al-Baqarah ayat 26?, dan 3) bagaimana relevansi penafsiran mustafa al-maraghi terhadap famâ fauqahâ pada sruat al-Baqarah ayat 26 dengan zaman modern. Dalam hal ini, penulis menggunakan metode penelitian dengan jenis kepustakaan (Library Research). Library Research adalah melakukan penelitian terhadap sumber-sumber tertulis yang berkaitan dengan pembahasan penelitian, atau mencari jawaban dari suatu masalah penelitian dengan menggunakan data-data kepustakaan. Adapun kesimpulan yang dapat diperoleh pada penelitian ini, yaitu 1) yang dimaksud dengan famâ fauqahâ adalah mikroorganisme, baik dari jenis tumbuhan maupun hewan, 2) Ahmad mustafa al-Maraghi menafsirkan kata famâ fauqahâ, yaitu sesuatu yang kecil dari nyamuk. Hal ini disebabkan karena pemahaman terhadap konteks ayat yang menyebutkan sesuatu yang kecil dan hina. Selain itu, beliau juga hidup pada masa dimana ilmu pengetahuan dan teknologi berkembang cukup pesat seperti adanya penemuan mikroskop yang mampu melihat makhluk-makhluk kecil yang tak kasat mata, 3) Relevansi penafsiran mustafa al-Maraghi terhadap kata famâ fauqahâ pada surah al-Baqarah ayat 26 adalah pada saat ini terdapat virus corona yang sangat berbahaya, sehingga manusia terbagi kepada dua kelompok, yakni ada yang beriman kepada Allah dan ada yang ingkar kepada Allah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Ilmu Alqur'an dan Tafsir
Depositing User: fushu -
Date Deposited: 07 Jul 2021 02:58
Last Modified: 07 Jul 2021 02:58
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/50743

Actions (login required)

View Item View Item