Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PELAKSANAAN ZAKAT HASIL PERKEBUNAN SAWIT DAN KARET DI DUSUN III JATI MULYA DESA SIALANG RINDANG KECAMATAN TAMBUSAI KABUPATEN ROKAN HULU DITINJAU DARI FIQIH MUAMALAH

Madya Indriani, - (2021) PELAKSANAAN ZAKAT HASIL PERKEBUNAN SAWIT DAN KARET DI DUSUN III JATI MULYA DESA SIALANG RINDANG KECAMATAN TAMBUSAI KABUPATEN ROKAN HULU DITINJAU DARI FIQIH MUAMALAH. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN KECUALI BAB IV.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Madya Indriani (2021): Pelaksanaan Zakat Hasil Perkebunan Sawit dan Karet di Dusun III Jati Mulya Desa Sialang Rindang Kecamatan Tambusai Kabupaten Rokan Hulu Ditinjau dari Fiqih Muamalah Penelitian ini dilatar belakangi oleh karena di Dusun III Jati Mulya Desa Sialang Rindang ini merupakan daerah dengan komoditi kebun sawit dan karet yang luas dan dengan pendapatan masyarakat yang relatif banyak memungkinkan untuk dikeluarkan zakatnya. Namun, yang terjadi dalam pelaksanaan zakat hasil perkebunan sawit dan karet yang dilakukan oleh para petani masih berbeda dengan ketentuan yang ada. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pelaksanaan zakat hasil perkebunana sawit dan karet di Dusun III Jati Mulya Desa Sialang Rindang Kecamatan Tambusai Kabupaten Rokan Hulu, dan bagaimana tinjauan Fiqh Muamalah terhadap pelaksanaan zakat hasil perkebunan sawit dan karet di Dusun III Jati Mulya Desa Sialang Rindang Kecamatan Tambusai Kabupaten Rokan Hulu. Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research). Populasi dalam penelitian ini adalah sebanyak 259 orang dan sampelnya sebanyak 26 orang petani sawit dan karet dengan menggunakan teknik purposive sampling. Sumber data primer yang terdapat pada penelitian ini berasal dari para petani sawit dan karet di Dusun III Jati Mulya serta sumber sekunder yang berkaitan dengan penelitian. Metode pengumpulan datanya adalah dengan melakukan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data adalah menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif dan teknik penulisan penelitian ini adalah menggunakan teknik penulisan deduktif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa sebagian masyarakat mengeluarkan zakatnya sebesar 2.5% dalam setiap hasil panen per Rp.1000.000.- (satu juta rupiah)-nya atau per 1 ton, dan hal tersebut sudah terjadi sejak lama dan turun-temurun. Sebagian lagi mereka mengeluarkan zakatnya pada setiap kali panen berapapun hasilnya. Akan tetapi tidak sedikit juga masyarakat yang tidak mengeluarkan zakatnya. Ditinjau dari fiqh muamalah bahwasannya pelaksanaan zakat hasil perkebunan sawit dan karet di Dusun III Jati Mulya Desa Sialang Rindang Kecamatan Tambusai Kabupaten Rokan Hulu masih belum sesuai dengan ketentuan fiqh karena sebagian besar petani yang melaksanakan zakat tidak mengetahui tentang berapa nishab atau batas minimal wajib zakat sawit dan karet. Jika masyarakat memilih mengkategorikannya sebagai zakat pertanian maka dikeluarkan pada setiap kali panen sebesar 10% jika tadah hujan, dan 5% jika irigasi, dengan nishab sebesar 653 kg beras. Dan jika masyarakat mengkategorikannya sebagai zakat perdagangan maka zakatnya adalah sebesar 2.5%, dengan nishab sebesar 85 gram emas, dan sampai haul. Kata kunci: Zakat, sawit, karet, fiqh muamalah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah (Muamalah)
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 07 Jul 2021 07:35
Last Modified: 07 Jul 2021 07:35
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/50624

Actions (login required)

View Item View Item