Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGGUNAAN APLIKASI ONLINE DALAM PELAYANAN BIMBINGAN KONSELING OLEH GURU BIMBINGAN KONSELING DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 22 KOTA PEKANBARU

ABD. RASYID RAHMAN, - (2021) PENGGUNAAN APLIKASI ONLINE DALAM PELAYANAN BIMBINGAN KONSELING OLEH GURU BIMBINGAN KONSELING DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 22 KOTA PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN SKRIPSI KECUALI BAB IV.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Abd Rasyid Rahman, (2021): Penggunaan Aplikasi Online dalam Pelayanan Bimbingan Konseling oleh Guru Bimbingan Konseling di Sekolah Menengah Pertama Negeri 22 Pekanbaru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan aplikasi online untuk bimbingan dan konseling yang dilakukan guru bimbingan konseling kepada siswa dan kendala aplikasi online terhadap pemberian layanan bimbingan dan konseling oleh guru bimbingan konseling. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subjeknya adalah guru bimbingan konseling dan siswa yang mengikuti layanan Bimbingan Konseling melalui aplikasi Online. Objeknya adalah pelaksanaan bimbingan dan konseling oleh guru Bimbingan Konseling menggunakan aplikasi online. Populasi adalah seluruh guru Bimbingan Konseling dan siswa yang mengikuti layanan Bimbingan Konseling melalui aplikasi Online. Teknik pengambilannya yaitu purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan meliputi redaksi data (data reduction), penyajian data (data display), serta penarikan kesimpulan dan verifikasi (conclusion drawing/ verification). Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan aplikasi online untuk bimbingan dan konseling yang dilakukan guru Bimbingan Konseling kepada Siswa belum mampu berjalan efektif, baik dari segi perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, tindak lanjut dan pelaporan. Aplikasi online yang dimanfaatkan guru dalam memberikan bimbingan dan konseling yaitu zoom, group whatsapp. Kendala dari pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling secara online yaitu dikarenakan jaringan internet, termasuk keterbasan fasilitas dan waktu. Meskipun demikian guru telah mengupayakan agar layanan tersebut bisa berjalan dengan efektif dengan melakukan kerjasama dengan siswa untuk berpartisipasi aktif dalam layanan bimbingan dan konseling yang dilakukan. Kata Kunci: Aplikasi Online dan Layanan Bimbingan Konseling.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 08 Jul 2021 04:46
Last Modified: 08 Jul 2021 04:46
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/50597

Actions (login required)

View Item View Item