Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENENTUAN JENIS KELAMIN BAYI PERSPEKTIF AL-QUR’AN DAN SAINS (KAJIAN I’JAZ ILMI)

DIAN AGUSTIA, - (2021) PENENTUAN JENIS KELAMIN BAYI PERSPEKTIF AL-QUR’AN DAN SAINS (KAJIAN I’JAZ ILMI). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
GABUNGAN TANPA BAB IV.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Tulisan ini membahas tentang penentuan jenis kelamin bayi perspektif al-Qur’an dan sains (kajian i’jaz ilmi). Di dalam al-Qur’an Allah SWT menyebutkan kata-kata nutfah (air mani) di surah dan ayat yang berbeda-beda sebagai penjelasan dari penentuan jenis kelamin bayi. Perkembangan zaman dan teknologi yang semakin pesat menimbulkan berbagai macam argumen pemikiran masyarakat dalam menentukan jenis kelamin bayi di dalam kandungan. Sehingga melahirkan argumen-argumen pemikiran dan eksperimen yang berdiri bersandingan dengan ilmu pengetahuan pada bidangnya. Penerapan adat kebiasaan masyarakat awam dalam menetapkan jenis kelamin bayi yang dikandung salah satunya dengan melihat fisik ibu hamil, seperti bentuk perut, kebiasaan keseharian. Selain dari pada itu, juga muncul eksperimen percobaan soda kue untuk menentukan jenis kelamin bayi dalam kandungan. Menurut keilmuan sains dalam bidangnya mengungkapkan bahwa manusia memiliki jenis kromosom seks yang berbeda diantara laki-laki dan perempuan. Untuk menjawab penelitian ini jenis penelitian yang digunakan penulis adalah penelitian kepustakaan (libarary research), yaitu mengumpulkan data-data melalui bacaan dan literatur-literatur yang berkaitan dengan pembahasan penulis. Metode yang digunakan adalah metode korelatif, mencari keterhubungan dalam pembahasan penulis. Setelah penulis melakukan penelitian bahwa apa yang sudah dijelaskan oleh mufassir menurut al-Qur’an dan sains menunjukkan korelasi atau hubungan mengenai kuasa Allah SWT yang berhak menentukan jenis kelamin bayi itu serta nutfah (air mani) pada laki-laki yang menjadi pemeran besar dalam penentuan jenis kelamin bayi yang hanya dapat dipastikan lagi melalui pemeriksaan fisik pada ibu terhadap bayi yang dikandung secara sains.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.1 Sumber-sumber Agama Islam, Kitab Suci Agama Islam > 297.1226 Tafsir Al-Qur'an, Ilmu Tafsir
000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Ilmu Alqur'an dan Tafsir
Depositing User: fushu -
Date Deposited: 08 Jul 2021 02:44
Last Modified: 08 Jul 2021 02:44
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/50587

Actions (login required)

View Item View Item