Pandu Sadewa, - (2021) PERANCANGAN ALAT PERMAINAN EDUKATIF MATEMATIKA YANG BERBASIS 3R (REDUCE,REUSE,& RECYCLE) UNTUK ANAK USIA 5 TAHUN DENGAN METODE QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT (QFD). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text (File lengkap kecuali BAB IV dan BAB V)
File Lengkap Kecuali BAB Hasil Penelitian (BAB IV dan BAB V).pdf - Published Version Download (7MB) | Preview |
|
Text (BAB IV dan BAB V)
File BAB Hasil Penelitian (BAB IV dan BAB V).pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Proses pembelajaran dapat optimal bila sekolah PAUD menyediakan sarana alat permainan edukatif yang mampu menstimulasi perkembangan anak usia dini. Namun ada beberapa sekolah PAUD yang mengalami kendala di dana sehingga menyebabkan fasilitas sarana dan prasarana untuk alat permainan anak menjadi tidak optimal. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk merancang alat permainan edukatif matematika yang berbasis 3R untuk anak usia 5 tahun dan bisa digunakan oleh murid PAUD serta mengevaluasi alat permainan edukatif matematika yang dirancang. Pengkajian dalam penelitian ini menggunakan metode Quality Function Deployment (QFD). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 10 kebutuhan serta keinginan dari guru PAUD terhadap alat permainan edukatif matematika untuk anak usia 5 tahun. Dari 4 konsep desain yang ada, terpilih 1 konsep yaitu konsep 3 serta hasil dari evaluasi terhadap APE Matematika yang dirancang menunjukkan bahwa APE tersebut sudah memenuhi keinginan serta kebutuhan dari guru dan murid PAUD. Kata Kunci: Perancangan, Quality Function Deployment (QFD), Alat Permainan Edukatif Matematika, 3R (Reduce, Reuse, Recycle), Usia 5 Tahun
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 000 Karya Umum |
Divisions: | Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Industri |
Depositing User: | fsains - |
Date Deposited: | 07 Jul 2021 01:42 |
Last Modified: | 07 Jul 2021 01:42 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/50579 |
Actions (login required)
View Item |