Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Kompetensi Kepribadian Guru PAI melalui ESQ dalam Buku Rahasia Sukses Membangun Kecerdasan Emosional dan Spritual Karya Ary Ginanjar Agustian

Ahmad Iqbal, - (2021) Kompetensi Kepribadian Guru PAI melalui ESQ dalam Buku Rahasia Sukses Membangun Kecerdasan Emosional dan Spritual Karya Ary Ginanjar Agustian. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (791kB)
[img]
Preview
Text
GABUNGKAN TANPA BAB IV.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Ahmad Iqbal, (2021) : Kompetensi Kepribadian Guru PAI melalui ESQ dalam Buku Rahasia Sukses Membangun Kecerdasan Emosional dan Spritual Karya Ary Ginanjar Agustian Kajian ini bertujuan untuk menelaah konsep pembentukan kompetensi kepribadian Guru PAI melalui ESQ menurut perspektif Ary Ginanjar Agustian dalam Buku Rahasia Sukses Membangun Kecerdasan Emosional dan Spritual. Konsep pembentukan kepribadian ini merupakan perpaduan kecerdasan emosional (EQ) dan kecerdasan spiritual (SQ). Penelitian ini merupakan jenis kajian pustaka (library research), dengan cara melakukan telaah terhadap karya Ary Ginanjar Agustian. Proses analisis buku menggunakan analisis isi (content analysis). Hasil telaah konsep ESQ dalam pembentukan kepribadian melalui tiga tahapan. Pertama, penanaman ihsan (penjernihan emosi dan pikiran) dari konsep ini lahir kesadaran diri melalui Zero Mind Proses dengan tujuan terbentuknya kejernihan emosi dan pikiran seperti fitrah manusia sediakala yang diartikan ihsan. Kedua, pembentukan mental (mental building) yang bertujuan untuk membangun kecerdasan emosional dalam pembentukan kepribadian. Ketiga, terbentuknya kepribadian berdasarkan pemeliharaan karakter melalui ibadah dan penanaman akhlak. Tiga tahapan ini dapat diterapkan dalam pembentukan kompetensi kepribadian guru PAI sesuai Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 Pasal 1 Ayat 10 tentang Kompetensi Guru dan Dosen. Kata Kunci: ESQ, Kompetensi Kepribadian, Guru PAI .

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 07 Jul 2021 02:08
Last Modified: 07 Jul 2021 02:08
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/50553

Actions (login required)

View Item View Item