Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Audio Visual dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam diSekolah Menengah Pertama Negeri 1 Siak

Retni Wulandari, - (2021) Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Audio Visual dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam diSekolah Menengah Pertama Negeri 1 Siak. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (734kB)
[img]
Preview
Text
GABUNGAN TANPA BAB IV.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Retni Wulandari, (2021): Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Audio Visual dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam diSekolah Menengah Pertama Negeri 1 Siak Media Pembelajaran merupakan seperangkat alat bantu atau perlengkapan yang digunakan oleh guru atau pendidik dalam rangka berkomunikasi dengan siswa. Media pembelajaran bisa digunakan adalah media pembelajaran yang berbasis audio atau pendengaran, visual atau penglihatan serta audio visual, yaitu yang menggunakan indra pendengaran dan penglihatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan media audio visual oleh guru dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Siak. Jenis penelitian ini adalah penelitian Deskriptif, Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, angket dan wawancara. Populasi penelitian ini adalah satu orang guru PAI dan 30 orang siswa kelas VIII.1 yang beragama Islam di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Siak. Sedangkan teknik analisis data menggunakan deskriptif kualitatif dengan persentase. Berdasarkan hasil data yang diperoleh bahwa penggunaan media audio visual oleh guru dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Siak dikategorikan Sangat Baik dibuktikan dengan hasil observasi 86,67% dan hasil angket 86,13%. Faktor-faktor yang mempengaruhi adalah fasilitas sekolah, keadaan siswa dan juga lingkungan sekolah sangat mempengaruhi penggunaan media audio visual. Bukan hanya itu latar belakang dan pengalaman guru juga mempengaruhi penggunaan media audio visual sehingga hanya sebagian guru yang menggunakan media audio visual dalam pembelajaran. Kata Kunci : Penggunaan, Media Audio Visual, PAI.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 06 Jul 2021 03:15
Last Modified: 06 Jul 2021 03:16
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/50551

Actions (login required)

View Item View Item