Bangun Wicaksono, - (2021) ANALISIS NEWMAN’S ERROR PENYELESAIAN SOAL - SOAL PADA MATERI PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL BERBASIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS BERDASARKAN GAYA KOGNITIF DAN HABITS OF MIND SISWA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
Text
SKRIPSI BANGUN WICAKSONO.pdf Download (20MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Bangun Wicaksono, (2021): Analisis Newman’s Error Penyelesaian Soal-soal pada Materi Persamaan Linear Dua Variabel Berbasis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis berdasarkan Gaya Kognitif dan Habits of Mind Siswa Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan jenis Newman’s Error siswa dalam menyelesaikan soal kemampuan berpikir kritis matematis materi persamaan linear dua variabel berdasarkan gaya kognitif dan Habits of Mind (HoM). Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif melalui desain studi kasus. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 28 orang siswa kelas IX.2 SMP N 1 Pujud. Data dikumpulkan menggunakan teknik tes, teknik angket, dan wawancara. Adapun instrumen yang digunakan adalah soal tes kemampuan berpikir kritis matematis pada materi persamaan linear dua variabel, soal tes GEFT, angket habits of mind, dan pedoman wawancara. Pengelolaan dan analisis data meliputi 3 tahapan yaitu : reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Kesalahan yang dilakukan peserta didik dengan gaya kognitif FD dan FI masing-masing yaitu kesalahan keterampilan proses dan kesalahan penulisan jawaban akhir; (2) Siswa dengan HoM tinggi melakukan kesalahan keterampilan proses dan penulisan jawaban akhir, siswa dengan HoM sedang melakukan kesalahan keterampilan proses dan penulisan jawaban akhir, siswa dengan HoM rendah melakukan kesalahan penulisan jawaban akhir; (3) Siswa dengan field independent dengan HoM tinggi dan rendah melakukan kesalahan penulisan jawaban akhir, siswa field independent dengan HoM sedang melakukan kesalahan keterampilan proses dan penulisan jawaban akhir, siswa field dependent dengan HoM tinggi dan sedang melakukan kesalahan keterampilan proses, serta siswa field dependent dengan HoM rendah melakukan kesalahan penulisan jawaban akhir. Kata kunci : Analisis Newman’s Error, Kemampuan Berpikir Kritis Matematis, Gaya Kognitif, Habits of Mind.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 000 Karya Umum 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | ftk - |
Date Deposited: | 06 Jul 2021 03:13 |
Last Modified: | 06 Jul 2021 03:13 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/50531 |
Actions (login required)
View Item |